Sponsors Link

12 Cara Adil Terhadap Diri Sendiri

Sponsors Link

Cara adil terhadap diri sendiri merupakan suatu konsep subjektif atau sebuah tindakan yang tepat untuk dilakukan. Melakukan cara adil terhadap diri sendiri bukanlah hal yang mudah seperti kelihatannya. Melakukan cara adil terhadap diri sendiri sendiri akan membawa manfaat baik dalam keseharian atau kesenangan diri sendiri, sebab itu, yuk sayangi diri sendiri dengan 12 Cara Adil Terhadap Diri Sendiri sebagai berikut.

ads

1. Jangan Terlalu Menyayangi orang Lain

Mungkin Sobat memiliki orang lain kesayangan Sobat karena dia selalu memperhatikan Sobat, atau melakukan hal baik lainnya. Namun, hal tersebut bukan berarti Sobat harus menganak emaskan orang lain Sobat tersebut, karena jika hal itu Sobat lakukan maka diri sobat sendiri tidak diperhatikan, (Baca juga mengenai penyebab galau menurut psikologi)

dan hal tersebut tidak akan sejalan dengan rencana Sobat untuk menjadi orang yang adil terhadap diri sendiri. Oleh karena itu, setarakanlah seluruh orang lain di sekitar Sobat agar Sobat dapat dinilai sebagai orang yang seimbang pada diri sendiri dan siapapun. (Baca juga mengenai penyebab marah menurut psikologi)

2. Tanyakan Sebab Sobat Lebih Menyayangi Orang Lain

  • Tanyakanlah kepada diri sendiri mengapa Sobat menganak emaskan salah satu orang lain Sobat. Jika hal tersebut karena orang lain lainnya berlaku kurang baik terhadap Sobat, mungkin lebih baik Sobat membicarakannya dengan mereka dibandingkan Sobat membuat semua orang heran. (Baca juga mengenai penyebab imsomnia secara psikologi)
  • Jika Sobat menganak emaskan salah satu orang lain Sobat, maka orang lain lainnya akan menganggap bahwa Sobat tidak adil terhadap diri sendiri, dan juga mereka akan malas untuk menghargai Sobat. oleh karena itu, usahakanlah untuk selalu bersikap adil terhadap diri sendiri kepada seluruh orang lain di sekitar Sobat. (Baca juga mengenai penyebab LGBT menurut psikologi)

3. Lakukan Tindakan Terbaik untuk Diri Sendiri

Jika Sobat ingin menjadi individu yang adil terhadap diri sendiri, maka Sobat harus melakukan tindakan Sobat sesuai dengan apa yang Sobat inginkan, karena jika Sobat tidak bertindak sesuai apa yang Sobat inginkan maka sobat akan merasa tersiksa dan terus merasa bersalah pada diri sendiri. (Baca juga mengenai penyebab psikologi terganggu)

4. Membuat Aturan untuk Diri Sendiri

Cara lain untuk menjadi seorang individu yang adli adalah dengan membuat aturan yang sangat jelas. Jika orang lain Sobat mengira Sobat bukanlah individu yang adil terhadap diri sendiri, mungkin mereka kesulitan untuk menghargai Sobat. Oleh karena itu, sobat harus membuat aturan misalnya apa saja yang boleh dan tidak boleh sobat lakukan, seperti rutin belajar, memberikan diri sendiri makanan yang bergizi, dsb.

5. Singkirkan Prasangka atau Takut pada Orang Lain

Jika Sobat ingin adil terhadap diri sendiri, maka Sobat harus menyingkirkan prasangka lain terhadap orang lain yang Sobat takuti. Jangan karena Sobat menyukai salah satu orang kemudian Sobat menerimanya dan tidak memikirkan diri sendiri misalnya jika ternyata orang tersebut lebih banyak menyakiti sobat, maka sobat harus mendahulukan diri sendiri dan tak perlu takut pada orang lain.

6. Jika Ada Orang Lain yang Menganggu

Hanya karena Sobat seorang individu maka orang lain tidak berhak mengganggu Sobat. Jika Sobat ingin menjadi individu yang adil terhadap diri sendiri, maka Sobat harus memberikan orang lain aturan untuk tidak mengganggu sobat.


Temui orang lain dan ajaklah mereka bicara mengenai masalah apa saja. Hal ini akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi diri sobat, juga akan berakibat baik kepada Sobat karena Sobat akan dinilai sebagai individu baik dan juga adil terhadap diri sendiri serta tidak mudah disakiti atau diremehkan.

7. Tetap Terima Pendapat Orang Lain

Jika Sobat memiliki gagasan untuk memajukan diri sendiri, maka orang lain yang terdekat misalnya suami atau istri pun harus mengetahuinya dengan baik agar rencana Sobat tersebut dapat berjalan dengan baik. Selain itu, Sobat juga akan dinilai sebagai individu yang adil terhadap diri sendiri karena telah mengijinkan orang terdekat tahu dengan jelas mengenai gagasan yang Sobat miliki serta menyampaikan pendapat.

8. Jika Berbuat Kesalahan

Hanya karena Sobat adalah individu maka bukan berarti Sobat tidak pernah membuat kesalahan. Oleh karena itu, jika Sobat salah menduga tentang orang lain, atau Sobat sendiri melakukan kesalahan, jangan sungkan untuk meminta maaf

kepada orang lain atas kesalahan yang Sobat lakukan. Jika Sobat membuat kesalahan kepada lebih dari satu orang lain Sobat atau mungkin lebih banyak, maka Sobat harus meminta maaf kepada semuanya agar diri tenang dan tetap tegas pada diri sendiri

9. Hindari Egois

Walaupun bersikap cara adil terhadap diri sendiri merupakan tindakan yang baik, namun jangan sampai Sobat kehilangan kepedulian Sobat sebagai individu di mata orang lai. Oleh karena itu Sobat harus memastikan bahwa cara adil terhadap diri sendirian yang

Sobat terapkan tidak menyakiti orang lain sehingga sobat tetap bisa mengukur prioritas sesuai kebutuhan, misalnya mengenai rezeki, memang sobat harus memikirkan diri sendiri seperti makan dsb, di luar itu sobat juga harus berbagai pada orang tua dan orang lain yang membutuhkan.

10. Ajari Diri dengan Kemampuan

Jika Sobat ingin menjadi individu yang cara adil terhadap diri sendiri, maka sobat harus menantang diri sendiri untuk memiliki kemampuan tertentu yang bermanfaat, adil tentu tidak hanya tentang kesenangan saja, namun juga berarti ketegasan, jika sobat bisa meminta atau menyuruh orang lain untuk belajar, maka sobat juga harus adil pada diri sendiri dengan memaksa diri sobat untuk belajar dan menjadi orang yang lebih baik.

11. Biarkan Orang Lain Berpartisipasi

Oleh karena itu, pastikan seluruh orang terdekat Sobat berpartisipasi aktif, dengan cara memberikan mereka waktu untuk berbicara.

12. Lakukan Sesuai yang Dikatakan

Dalam rangka menjadi orang yang cara adil terhadap diri sendiri maka Sobat harus berlaku sesuai dengan apa yang Sobat katakan. Jika sobat menetapkan target, misalnya harus lulus kuliah tepat waktu dengan nilai yang memuaskan maka harus melakukan cara untuk mencapai itu semua tidak hanya angan semata, sobat harus bisa memberi target pada diri sendiri untuk mencapai segala yang sobat citakan atau katakan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan yang bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,