Sponsors Link

Inilah 8 Alasan Mengapa Kita Boleh Egois untuk Diri Sendiri

Sponsors Link

Terkadang menjadi seorang yang egois memang banyak tidak disukai orang lain. Terkesan berlebihan dan arogan, namun tidak untuk diri sendiri. Pentingnya mengambil sikap egois untuk diri sendiri memiliki tujuan tertentu. Hal ini bermaksud agar Anda bisa menghargai serta mencintai diri sendiri dan mampu menerima apa adanya diri Anda. Berikut ini tips menghadapi wanita egois paling ampuh.

ads

Selain alasan tersebut, ada beberapa alasan mengapa kita boleh egois untuk diri sendiri lainnya. Untuk mengetahui apa saja alasan tersebut, berikut ini contoh juga penjelasannya :

1. Untuk Mempertahankan Hak Diri Sendiri

Siapapun orangnya pasti akan mempertahankan hak apabila hak tersebut benar. Termasuk diri sendiri, jika hak untuk mendapatkan suatu yang wajib tertahan atas suatu hal Anda wajib untuk melindungi dan mengambilnya. Contoh hak untuk memilih presiden, hak mendapatkan gaji, hak cuti di pekerjaan dan sebagainya. Beberapa tips dan cara menghilangkan sifat egois dalam diri pribadi.

2. Membentengi Diri Dari Penolakan Orang Lain

Berikutnya alasan mengapa kita boleh egois untuk diri sendiri seperti membentengi diri dari penolakan orang lain. Apabila Anda ingin memperjuangkan sesuatu, namun kenyataannya tidak mendapat respon baik. Maka Anda punya hak untuk bisa membentengi diri dari hal tersebut, seperti menerima dengan keikhlasan, memberikan penjelasan dengan bijak dan sebagainya. Hal ini lebih menunjukkan kepada sikap kebesaran hati dan ikhlas.

3. Mempertahankan Keadilan Diri Sendiri

Diri Anda juga berhak untuk mendapat keadilan secara personal. Seperti keadilan pada saat mengungkapkan pendapat, keadilan pada saat melakukan usaha, juga seperti keadilan diperlakukan adil dalam keluarga. Sehingga diri sendiri akan merasa terpenuhi hak untuk mendapatkan keadilan yang benar. Ketahuilah jenis dan tahap perkembangan kognitif pada orang dewasa.

4. Membela Kebenaran Diri Sendiri

Anda juga memiliki alasan untuk mendapatkan segala bentuk kebenaran yang dianggap itu benar. Pada saat Anda dikatakan bersalah, namun Anda tidak melakukan hal tersebut. Maka Anda memiliki alasan untuk membela diri Anda dengan mengatakan hal yang benar. Egois untuk membela kebenaran demi kepentingan diri adalah sah selagi Anda tidak melakukan hal yang salah.

5. Agar Tidak Disepelekan Orang Lain

Alasan mengapa kita boleh egois untuk diri sendiri lain yang bermanfaat bagi diri Anda yaitu agar tidak disepelekan orang lain. Terkadang dengan alasan tertentu orang mudahnya memandang sebelah mata kepada Anda. Dalam hal ini Anda boleh egois untuk memperlakukan diri Anda layak untuk dihargai orang. Sehingga diri Anda merasa lebih bangga dan lebih bermartabat. Berikut ini hubungan pola asuh permitif dengan kenakalan remaja.

6. Memberi Penghargaan Terhadap Diri Sendiri

Pentingnya egois bagi diri sendiri agar Anda bisa menghargai serta mencintai diri Anda. Bayangkan apabila Anda saja sudah tidak peduli dengan diri sendiri, bagaimana orang lain akan menghargai Anda. Buatlah diri Anda adalah manusia yang berharga dan bermanfaat sehingga banyak orang yang merasa apabila Anda adalah sosok yang terhormat.

7. Mempertahankan Idealisme Diri

Satu lagi manfaat alasan mengapa kita boleh egois untuk diri sendiri adalah guna mempertahankan idealisme diri. Terkadang banyak orang lain yang berbeda dengan diri Anda, namun Anda juga harus bisa bagaimana orang yang berbeda tersebut bisa menghargai Anda. Tetap menjadi diri Anda, dan biarkan orang lain berbeda dengan tetap memberikan penghargaan terbaik. Prinsip hidup lebih penting supaya Anda memiliki khas tersendiri dan tidak mudah dimanfaatkan orang lain. Simak pengaruh gaya pengasuhan orang tua terhadap karakter anak.

8. Memperjuangkan Keinginan Diri

Bersikap egois pada diri sendiri juga bisa bermanfaat supaya Anda bisa memperjuangkan keinginan Anda yang baik. Apabila Anda layak dikatakan mampu melakukan tugas dengan baik, maka laksanakan walaupun banyak orang yang mencibir atau tidak suka. Pembuktian mampu mengubah pandangan orang kepada Anda. Jadi lakukan yang terbaik dan bernilai positif, meski taruhannya Anda akan tidak disukai orang lain.

Demikianlah beberapa contoh mengenai alasan mengapa kita boleh egois untuk diri sendiri. Semoga apapun sikap egois yang Anda punya tidak merugikan orang lain dan diri Anda sendiri. Lakukan yang terbaik dan tidak berdampak buruk pada orang di sekitar Anda.

Sponsors Link
, ,