Sponsors Link

11 Alasan Kecanduan Smartphone Menurut Psikologi

Sponsors Link

Apa alasan orang kecanduan smartphone? Sampai tidak bisa lepas dari smartphone walau sehari pun. Bahkan banyak yang bilang, “lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan smartphone.”

ads

Dulu sebelum HP, smartphone, dan tablet merajalela, orang orang takut sekali ketinggalan dompet kalau keluar rumah. Tapi sekarang tidak seperti itu. Smartphone sudah dianggap sebagai nyawa kedua. Kalau tidak bawa smartphone berarti mati gaya.

Hmm.. lalu apa yang membuat orang kecanduan smartphone?Menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi adalah hal umum, baik komunikasi lewat telepon, sms, aplikasi chatting. Tapi lebih dari itu, tidak perduli apakah penggila kerja, traveler, atau pecinta musik, smartphone adalah gadget yang harus selalu ada. Baca juga mengenai : alasan kenapa bernostalgia bisa menyehatkan mental

Hal ini juga berlaku untuk tablet, karena sebagian orang lebih suka menggunakan tablet yang ukurannya lebih lebar daripada smartphone. Karena orang biasa mengaktifkan smartphone setiap hari, jadi kenapa tidak memanfaatkannya untuk memperlancar rutinitas sehari hari? Baca juga mengenai : alasan pentingnya keluarga dalam menjaga kesehatan mental

Ini dia 7 kelebihan smartphone dan tablet yang menjadi 11 Alasan Kecanduan Smartphone Menurut Psikologi:

1. Sebagai music and video player

Siapa yang tidak suka musik? Tablet dan smartphone punya sistem audio yang baik dan ukuran layar yang mumpuni, dengan kapasitas penyimpanan lagu yang besar. Tablet bisa jadi DJ pribadi untuk mendengarkan musik kapan pun kita mau. Siapkan headsetmu, dan dengarkanlah musik favorit di mana pun kamu mau. Ssst, orang lain tidak perlu tahu lagu apa yang sedang kita dengarkan. Baca juga mengenai : alasan tidak boleh mengabaikan gangguan mental

2. Kamera foto dan video

Banyak smartphone dan tablet yang kualitas kameranya lebih bagus dibanding kamera digital. Sekarang ini smartphone dengan kamera berkualitas sudah jadi kebutuhan para blogger dan vlogger. Mereka bisa mengambil gambar kapan pun, dan hasil gambarnya bisa diposting Baca juga mengenai : dampak prostitusi bagi kesehatan mental wanita

ke blog atau vlog langsung menggunakan smartphone. Kalau perlu foto editor atau video editor, pengguna smartphone bisa instal ke smartphone.Jadi dari ambil gambar, edit gambar, hingga posting gambar semua bisa dilakukan menggunakan smartphone. Baca juga mengenai : pentingnya olahraga untuk kesehatan mental

3. Sharing di sosial media

Ini dia yang menjadikan orang alasan utama seseorang kecanduan smartphone. Sosial media seperti Facebook, Google, Instagram, Twitter, Pinterest seolah telah membius meraka. Bukan itu saja, aplikasi chatting seperti Skype, WhatsApp, Line, Hike, atau streaming video lewat Youtube,

hingga platform bloging seperti Blogger dan WordPress semua bisa diakses lewat smartphone dan tablet. Sekarang juga banyak web penyedia tutorial online yang bisa diakses dengan mudah lewat smartphone atau tablet. Sehingga siswa bisa belajar di mana pun dan kapan pun.

4. Pesan ojek atau food delivery lewat smartphone

Siapa yang tidak tahu Gojek, Grab, atau Uber? Kini aplikasi ojek online sudah jadi kebutuhan untuk mereka yang tinggal di kota. Ojek online bisa jadi penyelamat kalau nyasar waktu keliling kota, atau pas kejebak macet.

Aplikasi ojek online juga menyediakan layanan lain seperti belanja, food delivery, kirim paket, dan lainnya. Semua bisa didapat hanya dengan membuka smartphone. Tanpa keluar keluar rumah, tanpa capek. Pokoknya, orang kota dimanjain banget dengan adanya layanan ojek online ini, sehingga mereka akan selalu kecanduan smartphone untuk berbagai kemudahan ini.


5. Smartphone untuk hasilkan uang

Smartphone bisa digunakan untuk menghasilkan uang. Hasilnya lumayan lho. Dari jualan barang di facebook, ambil foto lalu jual fotonya. Dan tidak sedikit yang menggunakan smartphone atau tablet untuk blogging, karena belum punya komputer atau laptop. Pokoknya smartphone dan tablet bisa jadi alat untuk menghasilkan uang, kalau tahu caranya.

6. Sebagai alat navigasi

Sering kali kita pergi ke tempat yang belum pernah kita datangi dan tidak tahu jalan. Well, masalah tidak tahu jalan, sering terjadi juga walau kita pergi ke tempat yang pernah kita datangi. Karena itu, kita sangat mengandalkan GPS. Tentu saja, GPS lebih praktis daripada harus bawa peta atau bertanya arah ke setiap orang yang ditemui di setiap persimpangan.

7. Mudah baca e book dengan smartphone dan tablet

Untuk yang hobi baca, tablet dan smartphone adalah alat yang perlu dimiliki. Tablet dan smartphone lebih ringkas dibanding buku konvensional, dengan kapasitas penyimpanan file yang besar, seolah membawa ratusan buku hanya dalam satu genggaman.

Tablet dan smartphone juga lebih baik dari e book reader, karena tablet dan smartphone punya banyak fitur lain yang tidak dimiliki e book reader. Kalau mau lebih nyaman,  fitur internet dari tablet dan smartphone juga mempermudah kita untuk browsing, cari e book yang kita mau, download, lalu baca kapan pun dan di mana yang kita mau.

8. Pengganti komputer

Dengan ukuran layar tablet dan big screen smartphone yang mumpuni, membaca on screen jadi lebih mudah dan menyenangkan. Dengan semua fitur yang dimiliki, maka layaklah seseorang kecanduan smartphone dan tablet karena bisa dijadikan pengganti bagi komputer desktop atau laptop.

Ukurannya yang relatif kecil juga lebih ringkas untuk dibawa kemanapun. Kalau pekerjaan memaksa untuk sering pergi dari satu tempat ke tempat lain, maka membawa laptop kadang bisa jadi merepotkan karena ukurannya yang besar dan berat. Tinggalkan laptop yang berat itu di rumah, dan bawalah smartphone atau tablet sebagai penggantinya.

Smartphone dan tablet lebih dari sekadar alat komunikasi, karena kini kita bisa menggunakannya untuk belajar, bekerja, dan tentu saja untuk bersenang senang. Jadi makin susah aja lepas dari kecanduan smartphone.

9. Kecanduan Smartphone Karena Merasa Ketakutan dan Paranoid

Kita akan panik atau merasa takut dan merasa bersalah jika ada telepon yang tidak terjawab? Apalagi dari kantor, merasa akan dipecat. Atau dari usaha? Merasa bisnis bisa rusak gara-gara tidak jawab telepon. Jika dari kerabat atau keluarga, akan muncul perasaan takut dimarahi atau dijauhi. Ya seperti itulah ketika kita melihat ada miss call di smartphone.

10. Membuat Kita Merasa Penting

Coba kita renungkan. Apakah jika sering berkomunikasi dengan smartphone. Bahkan selalu di telepon setiap saat, setiap hari melalui smartphone membuat kalian merasa jadi orang penting? Apakah selalu berkomunikasi dengan smartphone membuat kalian merasa dibutuhkan?

Telihat sibuk dengan sering menjawab telepon di depan teman, keluarga dan orang lain bahkan malam hari benar-benar membuat kalian merasa hebat, atau itu cara untuk cari perhatian yang membuat kalian kecanduan smartphone.

11. Membuat Kita Merasa Terhubung Dengan Orang Lain

Bagi sebagian orang yang merasa kecanduan smartphone karena hanya itulah satu-satunya sarana mereka terkoneksi dan tehubung dengan orang lain. Ya, terhubung dan terkoneksi dengan orang lain adalah kebutuhan karena manusia adalah mahluk sosial. Melakukan telepon, chatting, email, sosial media degan smartphone mungkin menjadi solusi kebutuhan untuk merasa terkoneksi.

Jika iya, coba renungkan apakah sebenarnya kalian merasa kesepian? Jika kalian memang memiliki keluarga, anak, istri, suami, teman dekat, teman dan hubungan lainnya, kenapa justru waktunya lebih banyak habis untuk smartphone daripada dengan mereka?

Oke sobat, gunakan smartphone secara bijak dan menghasilkan manfaat ya.. sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi