Home » Ilmu Psikologi » Psikologi Anak » 13 Manfaat Olahraga bagi Anak Menurut Psikologi

13 Manfaat Olahraga bagi Anak Menurut Psikologi

by Arby Suharyanto

Manfaat olahraga tak hanya melakukan manfaat untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan bagi orang dewasa. Selebihnya, manfaat olahraga juga punya segudang manfaat untuk seorang anak. Mulailah ajak seorang anak untuk gemar melakukan manfaat olahraga sedini mungkin, agar ia mendapatkan manfaatnya segera. Berikut 13 Manfaat Olahraga bagi Anak Menurut Psikologi.

1. Meningkatkan kecerdasan

Menurut para peneliti di Michigan State University’s Institute, seorang anak yang gemar melakukan manfaat olahraga terbukti lebih cerdas dibandingkan yang tidak. Mereka mengungkapkan, manfaat olahraga bisa membantu mengajarkan seorang anak untuk konsentrasi pada tugas, dan mengatur waktu lebih efektif. (Baca juga mengenai manfaat bernyanyi bagi anak )

2. Lebih sportif

Kalah dan menang merupakan hal yang biasa dalam permainan. Namun dalam manfaat olahraga, mereka diajarkan untuk bisa menghargai kalah dan menang dengan sportif. Mereka bisa berjabat tangan dengan lawannya, tidak peduli apa pun hasil pertandingannya. Ketika dewasa, sikap sportif ini akan terbawa dan membuat mereka lebih menghargai teman dan berusaha melakukan yang terbaik dan sportif. (Baca juga mengenai manfaat bermain bagi anak usia dini )

3. Sarana sosialisasi

Manfaat olahraga bisa menjadi sebuah jaringan sosial instan bagi seorang anak. Bagi seorang anak yang cenderung tertutup dan minder, manfaat olahraga bisa jadi cara yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri dan pergaulan mereka. Tim manfaat olahraga menawarkan persahabatan dan kekompakan antar anggota, dan ini akan membantu seorang anak untuk menjalin persahabatan.  (Baca juga mengenai manfaat pelukan bagi anak )

4. Membangun percaya diri

Manfaat olahraga bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri seorang anak, apalagi jika mereka bisa menghasilkan sebuah prestasi. Manfaat olahraga memberikan kesempatan seorang anak untuk belajar, berprestasi, dan berpikir positif tentang diri sendiri melalui pengembangan keterampilan. Aktivitas fisik ini akan menumbuhkan citra diri yang sehat dan penilaian positif terhadap diri sendiri. (Baca juga mengenai hubungan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri anak )

5. Mengajarkan kerjasama

Beberapa jenis manfaat olahraga berkelompok seperti sepakbola membutuhkan kerjasama tim yang baik. Manfaat olahraga akan membantu seorang anak untuk bisa bekerjasama dengan anggota lain, memahami aturan, dan mendengarkan pelatih agar berprestasi. Menjadi bagian dari kelompok dan belajar melakukan apa yang terbaik untuk tim menjadi salah satu manfaat melakukan manfaat olahraga. (Baca juga mengenai hubungan pernikahan dini dengan pola asuh anak )

6. Membantu menentukan target

Dalam manfaat olahraga, target akhir yang ingin dicapai adalah membawa pulang piala kejuaraan, memenangkan turnamen, dan mencetak skor maksimal. Namun, sebelum meraih itu semua, para pemain harus menguasai teknik dasar dan keterampilan manfaat olahraga. Melalui proses ini, manfaat olahraga memberikan pengalaman berharga bagi seorang anak untuk menentukan tujuan jangka panjang dan pendek dalam hidup mereka.

7. Membina ketekunan

Seorang anak yang mengikuti berbagai kelas manfaat olahraga pasti punya kata kata tertentu untuk menyemangati dirinya sendiri. Dan kata kata ini biasanya terbawa untuk menyemangati dirinya saat gagal melakukan berbagai hal. Seorang anak yang gemar melakukan manfaat olahraga sudah terlatih untuk menghadapi luka, kekecewaan, dan kekalahan. Mereka diajarkan untuk menghadapi kegagalan mereka dengan tenang, dan berusaha lebih tekun di pertandingan berikutnya.

8. Menghindarkan tindak kriminalitas

Kosongnya beberapa jam di sore hari tak jarang membuat seorang anak cepat bosan. Daripada keluyuran tak jelas, sebaiknya ajak mereka melakukan manfaat olahraga karena hal ini bisa menghindarkan mereka dari pergaulan tidak benar, dan juga tindak kriminal.

9. Memberi kebahagiaan

Bagaimanapun juga, manfaat olahraga adalah permainan. Permainan bertujuan untuk memberikan kegiatan yang menyenangkan bagi seorang anak. Sebagai langkah awal memperkenalkan manfaat olahraga pada seorang anak, ajak mereka berlari, melompat, melempar, menangkap, menyelam, berenang, dan lain lain. Lakukan ini agar mereka tahu bahwa manfaat olahraga itu menyenangkan, sehingga lebih mudah membuat mereka melakukan manfaat olahraga.

10. Meningkatkan kemampuan akademis

Menurut para peneliti di Michigan State University Institute, seorang anak yang melakukan manfaat olahraga tampil lebih baik di sekolah daripada mereka yang tidak. Partisipasi dalam manfaat olahraga mengajarkan seorang anak untuk fokus pada tugas dan mengelola waktu mereka secara efektif.

Seorang anak yang berpartisipasi dalam manfaat olahraga bisa mengasah keterampilan sportivitas mereka dengan baik. Berjabat tangan dengan kompetisi, tidak peduli apa hasil dari suatu pertandingan, mampu menerima kekalahan dan berusaha melakukan yang terbaik bagi dirinya dan tim secara keseluruhan.

11. Mendapat prestasi

Manfaat olahraga bisa jadi cara untuk membangun jaringan sosial instan untuk seorang anak. Kerjasama sebagai satu tim atau bertemu rival lainnya akan membuat jaringan pertemanannya semakin meluas.

Seorang anak akan mengembangkan harga diri melalui prestasi. Manfaat olahraga memberi kesempatan seorang anak untuk belajar, mencapai sesuatu, dan merasa nyaman terhadap diri mereka sendiri. Dukungan dari orangtua dan pelatih akan mendorong perbaikan kinerja mereka ke arah yang positif sehingga menumbuhkan pencitraan diri yang baik.

12. Belajar melakukan yang terbaik

Seorang anak akan mengenal segala macam pelajaran sosial yang sangat berharga melalui manfaat olahraga. Menjadi bagian dari kelompok dan belajar untuk melakukan yang terbaik bagi tim secara keseluruhan adalah salah satu manfaat yang paling berharga dari manfaat olahraga bagi seorang anak.

Membawa pulang piala juara, memenangkan turnamen, adalah tujuan akhir manfaat olahraga bagi seorang anak. Manfaat olahraga memberi pengalaman berharga dalam memecahkan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Seorang anak diajarkan untuk menjalani suatu proses dan perlu kerja keras sebelum mendapatkan sesuatu.

13. Pembinaan ketekunan

Manfaat olahraga mengajarkan seorang anak untuk tidak mudah menyerah walau menghadapi cidera, kekecewaan, dan kekalahan. Mereka belajar untuk mengatasi kekalahan dengan tenang dan bekerja lebih giat lagi untuk kepentingan putaran berikutnya dengan penuh ketekunan.

Kenakalan remaja seperti kekerasan, pengrusakan, penggunaan narkoba dan lainnya bisa diminimalisir dengan olaharaga. Rutinnya jadwal latihan membuat seorang anak tidak sempat membuat masalah masalah kriminalitas semacam itu, dan mereka akan lebih fokus terhadap pencapaian prestasi mereka.

Selain untuk kesehatan, melakukan manfaat olahraga juga menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Kerjasama tim, bersorak mendukung teman, berpelukan ketika berhasil melakukan sesuatu, dan lainnya akan membuat seorang anak berkomitmen pada manfaat olahraga dalam jangka panjang. Diluar jam pelajaran yang membosankan, manfaat olahraga adalah waktu seorang anak untuk bermain dan bersenang senang dengan teman temannya.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

You may also like