Sponsors Link

12 Cara Menghilangkan Bad Mood

Sponsors Link

Bad mood ialah kondisi perasaan atau suasana hati yang tidak nyaman, baik itu rasa jengkel, sebal, sedih, marah, dsb. Bad mood umumnya tergambar dari ekspresi wajah dan berpengaruh pada aktifitas sehari hari, bad mood juga berpengaruh pada hubungan dan prasangka individu lain terlebih jika berada dalam kondisi

ads

yang melibatkan interaksi seperti dalam situasi bersama keluarga atau teman teman dan lingkungan kerja, nah sobat, agar hati kembali ceria dan mampu melakukan segala aktifitas dengan nyaman tanpa ganjalan perasaan, berikut yang bisa diterapkan, 12 Cara Menghilangkan Bad Mood.

1. Mendengarkan Lagu dan Makan Cokelat

Lagu sudah tidak dapat dipisahkan lagi dari rutinitas sehari hari saat ini. Jenis lagu yang berbeda juga dapat menimbulkan efek berbeda bagi pendengarnya. Saat sobat sedang melakukan cara menghilangkan bad mood coba  mendengarkan lagu dengan beat yang cepat juga lirik yang mengandung pesan baik. (Baca juga mengenai penyebab galau menurut psikologi)

Agar pikiran baik juga akan memperbaiki mood sobat. Sebatang cokelat mengandung kandungan enzim polifenol yang   diyakini sebagai anti sedih. Karena itu dengan mengkonsumsi sebatang cokelat sobat akan merasa lebih senang, bahkan seperti saat jatuh cinta. (Baca juga mengenai penyebab marah menurut psikologi)

2. Tertawa dan Makan

Tak dapat dipungkiri seulas tawa di bibir dapat menambah aura cantik di ekspresi wajah. cara menghilangkan bad mood sebenarnya dapat diatasi hanya dengan tertawa saja. Sebagian individu melampiaskan kegundahannya dengan menyantap makanan favoritnya. Hal ini tidak ada salahnya, asalkan masih dalam porsi yang wajar. Bahkan, menyantap makanan kesukaan dapat menimbulkan rasa puas dan senang loh sobat! (Baca juga mengenai penyebab imsomnia secara psikologi)

3. Tidur dan Minum Teh

Tidur merupakan aktivitas mengistirahatkan sejenak tubuh dan pikiran sobat. Nah sobat, jika sobat  sedang melakukan cara menghilangkan bad mood, coba mencuri waktu 30 menit sd satu jam untuk tidur.  Sobat dapat melupakan sejenak masalah yang mengganggu pikiran. (Baca juga mengenai penyebab LGBT menurut psikologi)

Saat terbangun tubuh pun akan merasa lebih santai. Meneguk secangkir teh, terutama teh hijau memberi efek santai dan menenangkan. Jika lagi menghilangkan bad mood tak ada salahnya minum teh. Jika tak ada teh hijau, sobat dapat mencoba teh hitam atau jenis teh lain. Efek semuanya sama, dapat membuat sobat lebih tenang dan santai. Cara menghilangkan bad mood juga dapat hilang seketika. (Baca juga mengenai penyebab psikologi terganggu)

4. Ingat Hal Lucu

Saat sedang melakukan cara menghilangkan bad mood, jangankan tertawa, mungkin senyum saja sulit. Tapi, sobat jangan terus larut. Cobalah tertawa, carilah  buku, foto, atau video yang lucu yang dapat membuat sobat tertawa. Saat tertawa tubuh sobat akan melepaskan hormon dopamin yang dapat membuat sobat lebih senang dan melupakan kesedihan.

5. Berbagi kebaikan

Tahukah sobat, cara menghilangkan bad mood juga dapat diatasi dengan berbagi kebaikan kepada sesama. Saat sobat merasa sangat sedih dan kacau, cobalah pergi ke beberapa tempat, lakukan kebaikan kecil yang bermanfaat. Misalnya membantu individu tua menyeberang jalan, memberikan makanan untuk anak anak jalanan, atau memberikan duduk di bus kepada ibu hamil. Tanpa disadari, kebaikan yang terkesan sederhana ini dapat membuat sobat merasa nyaman dan senang!


6. Menenangkan Diri

Saat cara menghilangkan bad mood, coba menepi dan lakukan mencari ketenangan sejenak. Mencari ketenangan adalah latihan memfokuskan pikiran untuk membantu individu agar memiliki kesadaran penuh dan merasa tenang. Praktik ini umumnya dijalankan dengan duduk tenang dengan mengatur pernapasan perlahan lahan dan teratur selama setidaknya 15-20 menit.

Mencari ketenangan dianjurkan karena dapat dilakukan oleh siapa pun, di mana pun, dan kapan pun. Aktivitas ini tidak memerlukan peralatan atau biaya khusus. Jika dijalani secara teratur, praktik yang telah ada sejak ribuan tahun lalu ini diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan ketenangan jiwa.

7. Bersyukur

Mood yang buruk dapat terjadi karena ada sesuatu yang berjalan tidak sesuai harapan. Saat itu mungkin sobat merasa semuanya tidak adil dan membuat sobat terpuruk. Padahal dengan bersyukur dan berdamai dengan keadaan, dengan segala kekurangan dan kelebihan yang sobat miliki, akan jauh lebih melegakan.

8. Mengendalikan Emosi

Cara untuk mengatasi cara menghilangkan bad mood yang penting adalah sobat dapat  mengendalikan diri dan mengendalikan emosi. Apapun yang terjadi dalam rutinitas sobat, cobalah untuk berpikir baik.

9. Mencium Wangi Favorit

Sobat pasti pernah mendengar bahwa wangi bunga lavender misalnya dapat membuat individu menjadi lebih santai dan mengurangi sedih. Nah, tidak hanya lavender, wangi lemon dan wangi lain yang mungkin sobat sukai ternyata juga dapat menjadi mood booster dan mengurangi sedih. Sebab bau wangi mengandung linalool, yakni senyawa yang dapat menangkal respon sedih pada otak.

10. Cari Sebab Bad Mood

Jika Sobat tahu pasti penyebab cara menghilangkan bad mood Sobat, Sobat tentu dapat lebih mudah mengatasinya dan mengakalinya agar tidak mudah merusak suasana hati Sobat lain kali. Jika pikiran tidak enak muncul karena konflik dengan teman kerja, dpat ditasi dengan kekeluargaan atau bicarakan dengannya.  Jangan meremehkan efek dari kebaikan kebaikan kecil. Bila Sobat terserang bad mood akibat perkara pekerjaan misalnya, coba alihkan perhatian Sobat pada porsi pekerjaan lain.

Tidak perlu yang terlalu menuntut, cukup yang dapat memberi Sobat merasa telah menjadi produktif. Misalnya, Sobat telah menunda nunda mengirimkan sebuah email. Gunakan waktu beberapa menit untuk menyelesaikan tugas kecil tersebut. Dengan begitu, Sobat akan merasa sedikit lebih enakan karena telah berhasil ‘menyelesaikan’ tugas dengan baik.

11. Hubungi Orang Tercinta

Sisihkan sedikit waktu istirahat Sobat untuk berbicara dengan individu individu dekat atau tercinta dalam rutinitas Sobat. Misalnya bicara di telepon beberapa menit dan mendengarkan suara mereka akan membuat pikiran Sobat lebih baik.


12. Jangan Memaksakan Diri Jika Memang dalam Kondisi Sedih

Jika Sobat sedang down misalnya baru saja menghadapi masalah berat, tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk menjadi senang dan berpura pura bahwa semuanya baik-baik saja. Sobat perlu waktu sendiri? Silahkan ambil waktu Sobat untuk merenung di pojok ruangan yang sepi, berdoa, makan sendiri, dan menghindari keriuhan lingkungan. Mereka akan mengerti jika Sobat menjelaskannya nanti.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya ya sobat, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,