Sponsors Link

13 Pengaruh Kemiskinan terhadap Mental Disorder

Sponsors Link

Gangguan mental memang bukan salah satu penyakit yang mematikan, namun cukup membahayakan penderitanya jika dibiarkan terus menerus. Sederhananya, gangguan mental merupakan penyakit yang mana berkaitan dengan kesehatan mental seseorang.

ads

Pengertian lainnya dari gangguan mental dapat dikatakan sebagai penyimpangan normal-norma perilaku yang mana mencakup pikiran tindakan, serta perasaan. Orang yang menderita gangguan mental dikarenakan adanya penyimpangan perilaku, orang dengan tingkat depresi yang tertekan, alkoholik yang tidak dapat menahan segala tindakannya, dan lainnya.

Gangguan mental pada beberapa kasus disebut dengan perilaku abnormal atau abrnormal behavior yang mana sama halnya dengan sakit mental (mental illness), sakit jiwa, dan beberapa istilah-istilah lainnya seperti distress, disadvantage, disability, discontrol, inflexsibility, irrationally, disturbance, dromal pattern, dan lainnya.  Selain psikologi memang terdiri dari banyak prespektif seperti Psikologi Pendidikan , Psikologi OlahragaPsikologi Kepribadian, psikologi remaja, psikologi sosial, Psikologi Islam, psikologi kesehatan dan seterusnya. Psikologi disini akan membahas pengaruh kemiskinan pada mental disorder :

1). Tekanan

Pertama adalah tekanan, mereka yang mengalami kemiskinan tentu mengalami banyak tekanan dalam hidup. Bukan hanya masalah materi saja namun juga non material. Cara Memelihara Kesehatan Mental Anak dirasa akan sulit jika orang tuanya hidup diantara tekanan dan kemiskinan.

2). Kebutuhan Dasar

Kebutuhan dasar merupakan kebutuhan yang tidak bisa diganggu gugat. Jika tidak ada maka permasalahan fatal yang akan menyerang anda. Terutama untuk anak-anak Teori Perkembangan Anak Menurut Para Ahli tentu jelas menyatakan bahwa kebutuhan dasar haruslah terpenuhi. Namun jika kemiskinan melanda akan sulit memenuhi kebutuhan dasar tersebut dan bisa jadi dampaknya pada mental disorder.

3). Kurang Gizi

Anda tentu melihat banyak sekali permasalahan kemiskinan yang akan lari ke arah “kekurangan gizi”. Permasalahan ini sudah pasti nantinya akan lari kearah mental disorder dan juga permasalahan fisik terutama jika terjadi pada anak-anak. Kekurangan gizi menyebabkan seseorang mengalami kurangnya nutrisi untuk memberi asupan ke otak dan juga tubuh. Sehingga secara fisik lemah sedangkan otak dan jantung juga tidak bisa bekerja dengan baik. Biasanya jika sudah parah akan menyebabkan kelainan mental bahkan kematian.

4). Permasalahan Besar

Mereka yang mengalami kemiskinan tentu tidak akan terlepas dari permasalahan besar, seperti halnya bagaimana bertahan hidup, kemudian mencoba mencari kerja sulit dan menimbulkan Dampak Psikologis Bagi Pengangguran, kemudian mencari cara jika baik terus berusaha bekerja jika tidak akan meminjam uang atau mencoba melakukan kriminalitas. Permasalahan besar inilah yang terkadang menyebabkan adanya mental disorder pada mereka yang tertimpa masalah dan kemiskinan.

Sponsors Link

5). Adanya Kesenjangan Sosial

Kesenjangan sosial bisa menjadi permasalahan selanjutnya. Manusia pada dasarnya memiliki rasa iri dan juga memiliki tingkat keputus-asaan yang lumayan tinggi. Ketika seseorang dalam keadaan terbelenggu kemiskinan tentu ia akan merasa buruk dan juga depresi ketika ada yang lebih baik. Terutama mereka adalah orang terdekat penderita. Hal ini bisa menimbulkan mental disorder.

6). Sulit Sembuh

Apakah kemungkinan mereka yang miskin akan sulit sembuh dari mental disorder, maka jawabannya benar ! mereka yang tidak mau menerima kenyataan bahwa hidup mereka sulit, memiliki masalah belum lagi tanggungan dan sebagainya membuat seseorang sulit sembuh dari gangguan mental. Karena Cara Mengobati Gangguan Jiwa tentu menghilangkan tekanan yang ada sedangkan kemiskinan cenderung seperti lingkaran setan.

ads

7). Pemasungan

Ketidakmampuan orang tua atau beberapa keluarga mengirim seseorang atau mengobati seseorang yang mengalami mental disorder menyebabkan adanya kejadian pemasungan. Dimana mereka yang mental disorder memang mengalami tantrum diluar kesadarannya. Namun karena kemiskinan melanda, pemasungan benar-benar terjadi bahkan banyak sekali di Indonesia.

8). Diasingkan

Terkadang beberapa orang yang mengalami mental disorder bukan berarti tidak bisa melakukan hal yang membanggakan. Peran Psikologi dalam Biopsikologi Gangguan Mental bisa membantu para orang tua mengenali bakat anak meskipun hanya satu dua. Namun mereka yang mengalami kemiskinan tentu tidak bisa menyatakan bahwa mereka tahu atau bisa mengobati keluarga yang mengalami gangguan mental dan tentu tidak bisa mendapatkan pengobatan bahkan terapi dan sekolah. Hal ini menyebabkan mereka sering diasingkan.

9). Disebabkan Oleh Stress

Stress psikososial dan stress perkembangan yang terjadi secara terus menerus dengan obat yang tidak efektif atau masalah yang tak kunjung selesai, dimana hal tersebut akan mendukung timbulnya gejala psikotik dengan manifestasi, kemiskinan, kebodohan, pengangguran, isolasi sosial, dan perasaan kehilangan.  Sedangkan awal mula stress ini berasal dari tekanan kemiskinan yang dialami orang tersebut.

10). Penyebab Psikologis

Mental disorder sebenarnya terjadi karena dua alasan yaitu neurosis dan juga psikologis. Jika neurosis terjadi karena adanya kesehatan fisik yang terganggu khususnya dibagian saraf kepala. Sedangkan untuk psikologis mereka yang terganggu karena tekanan batin atau mental. Biasanya mereka mengalami tekanan dan salah satunya karena kemiskinan yang menyebabkan orang tersebut gangguan mental.

11). Kriminalitas 

Kemiskinan tak jarang mendukung seseorang untuk melakukan kriminalitas. Makannya banyak terjadi kriminalitas pada negara besar dan berkembang bahkan negara maju. Karena kemiskinan terjadi dimana-mana. Hal ini menyebabkan beberapa orang yang frustasi karena melakukan kriminalitas akibat terpaksa bisa menjadi stress dan akhirnya mengalami gangguan mental.

12). Gengsi

Jaman sekarang ini rasanya orang malu mengatakan bahwa mereka tidak mampu atau dari kalangan miskin. Dimana Gengsi merupakan hal yang mendominasi kejadian tersebut sehingga banyak orang berlomba-lomba menyatakan bahwa mereka mampu dan mengupayakan segala cara. Sayangnya beberapa orang seringkali mengalami kegagalan untuk bisa bersaing dan berakhir pada kejadian gangguan mental. Gengsi ini merupakan penyakit sebagian besar manusia jaman sekarang.

13). Permasalahan Diri

Alasan terakhir pengaruh kemiskinan terhadap kesehatan mental seseorang yaitu karena permasalahan diri. Dimana banyak orang yang memang memiliki permasalahan diri seperti merasa tidak percaya diri bahwa mereka dari kalangan miskin. Kemudian mereka mencoba “panjat sosial” untuk jadi kaya. Ada juga permasalahan diri dimana mereka tidak memperhatikan apa kebutuhan dasarnya yang penting bisa memenuhi keinginan sehingga hidupnya dalam kesulitan. Hal-hal tersebut sebenarnya membuat mereka lelah dan akhirnya menyebabkan mental disorder menghampiri.

Ke-13 pengaruh diatas memang sifatnya relatif. Untuk mereka yang memiliki mental yang sehat tentu kemiskinan ada untuk dilawan bukan untuk menjadi sebuah alasan untuk mengemis atau justru ditutupi dengan hal lain namun tidak diubah. Mereka yang malas bekerja lebih memilih menutupi kemiskinan dibanding mencoba bekerja dan mengubah kemiskinan mereka. Pola pikir inilah yang harus segera diubah jika ingin hidup lebih baik atau lebih maju.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial