Sponsors Link

13 Cara Menghadapi Orang yang Meremehkan Kita

Sponsors Link

Pengertian tingkah laku adalah segala sesuatu yang dikatakan atau dilakukan oleh seseorang berupa tindakan yang bisa diukur, diperhatikan dan dinilai, merupakan sembarang perbuatan yang dilakukan secara sadar ataupun tidak. Dengan kata lain, tingkah laku adalah manifestasi secara fisik berupa sikap yang berlandaskan nilai – nilai tertentu. Macam- macam Tingkah Laku Dalam Psikologi, dimana tingkah laku tertentu sesuai dengan nilai – nilai yang dianutnya dan juga berjalan dengan nilai moral yang telah diajarkan kepadanya.

ads

Hubungan Perilaku Dengan Sikap benar-benar kaitannya makannya kita akan mengkaitkan juga dengan sikap yang tidak layak ditiru atau sikap yang benar-benar membuat banyak orang merasa kesal yaitu “menyepelekan orang lain”. Dimana banyak orang yang sulit sekali untuk menghargai dan menghormati orang lain. Berikut cara ampuh yang bisa anda terapkan :

  1. Jangan Membalas

Membalas maka anda akan bernasib sama seperti mereka. Sama-sama sebagai seorang pembicara saja namun tidak bisa membuktikan bahwa anda berbeda. Membalas sama saja dengan membenarkan apa kata mereka tentang anda yang rendah. Diamkan saja mereka dan pura-pura saja tidak mendengar. Maka anda hanya fokus pada tujuan hidup dan target saja jangan pada pembicaraan orang lain.

2. Buktikan

Membuktikan akan menghentikan pembicaraan yang bersifat meremehkan bahkan tak jarang membuat banyak orang merasa kaget karena anda justru tidak seperti yang mereka tebak atau mereka bayangkan.  Anda harus bisa bersifat pejuang dimana semakin dipecut akan semakin percaya diri untuk membuktikan bahwa anda tidak serendah itu. Banyak orang sukses yang tumbuh dari hinaan orang atau cacian orang lain. Maka ikuti jalan mereka yang justru bisa sukses.

3. Balas dengan Senyum

Ketika berkomunikasi orang yang merendahkan cenderung menggunakan nada dan “body language” namun hal tersebut menunjukan bahwa ia tidak percaya diri dan mencoba untuk menuduh. Dengan sikap suka merendahkan, usahakan tidak terpancing emosi karena jika anda marah maka anda membenarkan apa yang ia katakan atau sama saja dengan mereka. Sebelum merespons, ambil jeda dan ucapkan dalam hati bahwa “Aku sedang berusaha membahas masalah, tapi aku harus berusaha tetap tenang dan sopan.”

4. Jangan Melakukan Hal yang Sejenis

Perilaku Abnormal salah satunya ditunjukan oleh mereka yang sama-sama melakukan hal yang buruk. Padahal jelas-jelas hal tersebut menyakitkan dan anda sudah merasakannya sebagai korban. Seperti halnya seseorang korban pembunuhan kemudian kakak atau adiknya membunuh tersangka tersebut. Maka apa bedanya ? sama dengan kasus meremehkan orang lain ini. Jangan terpancing untuk melakukan hal yang sama.


5. Percayakan pada Diri Sendiri

Jika anda tidak merasa hal tersebut dilakukan oleh diri anda maka tenang dan percayakan pada diri anda saja. Terkadang orang lain merendahkan anda hanya untuk mengoyak rasa percaya diri anda saja bukan benar-benar ingin merendahkan. Jangan kalah karena anda harus berjuang dan perang sendiri.

6. Tenang 

Teori Sikap Dalam Psikologi menyatakan bahwa sikap tenang merupakan sikap yang paling sulit dilakukan namun ampuh untuk membalas permasalahan apapun termasuk menyepelekan atau merendahkan orang lain. Cobalah untuk bersikap tenang dan merasa bahwa tidak ada yang mengusik perasaan anda. Meskipun hal seperti ini jangan juga dilupakan karena pelaku akan terus menerus melakukan hal tersebut. Mengapa dia begitu tidak menghargai? Jika dia secara terbuka meluncurkan omelannya. Maka anda bisa mendebatnya jika memang salah dan menerima jika memang benar.

7. Jujur

Cara Memelihara Kesehatan Jiwa bisa dilakukan dengan bersikap jujur. Dimana tidak ada yang disembunyikan dan membuat perasaan atau jiwa anda terasa kosong atau plong. Jika ada yang mengatakan sesuatu yang merendahkan, lebih baik anda mengatakan dengan jujur bahwa anda tidak suka atau Anda merasa direndahkan.

Bisa jadi sikap mereka justru beralasan dan memang benar menjadi masukan untuk anda. Jika tidak anda bisa menghentikan mereka tanpa melakukan hal yang sama diam-diam menggerutu dan membicarakannya.

8. Ekspresikan 

Terkadang sulit memang untuk menyatakan perasaan pada orang yang memang sudah mencap hal buruk pada anda. Apabila anda memang sedang menghadapii seseorang yang tidak bisa menghargai orang lain. Jalan satu-satunya adalah menyatakan bahwa anda tidak suka diperlakukan seperti itu.

Anda harus memulai percakapan dan jangan bawa obrolan ke arah yang semakin tidak menyenangkan, carilah kesempatan untuk menunjukkan simpati yang akan membuatnya berhenti

9. Tanya Alasannya

Seringkali seseorang memiliki alasan tersendiri. Coba tanyakan alasan yang tepat pada mereka mengapa mereka melakukan hal tersebut. Siapa tahu alasannya memang masuk akal dan bisa diterima penalaran.

10. Tegas

jika ada seseorang yang bersikap tidak menghormati dan menyepelekan anda mungkin bersikap baik dan diam akan menjadi sikap yang benar-benar istimewa. Namun sebagian orang seringkali tidak bsia menerima perlakuan tersebut.

Jika memang begitu gunakan  Teori Penyesuaian Diri dengan menggunakan sikap yang  tegas.  Tegas berbeda dengan balas dendam, anda harus bsia mendebat sesuai fakta dan bukan argumen saja. Sehinga mereka tidak akan bisa mengelak dan merendahkan anda seenaknya saja.  Anda boleh memberikan peringatan dulu, jika tidak berhasil, ingatkan secara serius dan ambil tindakan untuk menunjukkan bahwa Anda bersungguh-sungguh.

11. Bijaksana

Hadapi dengan bijaksana bisa membantu anda dalam melepaskan jeratan pembicaraan dan pandangan rendah orang lain. Dengan berpikir jernih dan tahu apa yang harus anda lakukan semakin menjadikan diri anda siap menghadapi masalah bahkan yang lebih besar dibandingkan diremehkan oleh orang lain.

Di dunia ini manusia sangatlah banyak, anda juga tidak bisa mengenyahkan orang-orang seperti itu, satu-satunya bekali diri anda dengan hal berguna.

12. Perjelas Diri Anda 

Masih banyak orang yang menilai orang lain dari luarnya saja. Nah jika anda di ledek atau direndahkan maka kesempatan anda untuk memperjelas seperti apa anda dan seperti apa kepribadian yang sebenarnya dengan menjelaskan pada mereka. Mungkin pembicaraan saja akan dianggap pembelaan diri aja dan dianggap berbohong. Namun jika disertai dengan pembuktian sudah tentu anda akan menutup mulut-mulut nakal diluar sana dengan pencapaian dan siapa diri anda.

13. Evaluasi Diri

Terkadang kita menilai bahwa diri kita adalah yang paling benar dan juga paling tepat. Padahal cermin saja berada di depan kita apalagi orang lain yang bisa melihat anda dari berbagai sisi. Cobalah telaah apakah pembicaraan sepele atau tidak menghargai mereka merupakan teguran untuk anda. Maka hal seperti ini bisa menjadi evaluasi diri yang tepat. Terkadang sebagian orang harus ditegur dulu baru berubah atau harus mengalami hal seperti disepelekan baru berubah.

Demikian penjelasan dari beberapa cara menghadapi orang yang meremehkan kita. Bisa kita terapkan agar kita tidak langsung merasa rendah diri.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial