Sponsors Link

8 Makna Warna Hitam dalam Simbolisme Psikologis

Sponsors Link

Banyak dari kita mungkin penasaran dengan makna warna hitam dalam simbolisme psikologis. Ya, warna hitam banyak disukai oleh orang karena memang jenis warna hitam adalah warna yang netral. Warna hitam juga biasanya memiliki kesan elegan tersendiri. Walau demikian, ada pula yang menganggap bahwa hitam identik dengan sesuatu yang muram, kelam, sedih hingga kematian. Semua unsur pengertian tersebut tentu saja menarik untuk dibahas supaya kita bisa menjadi lebih mengerti sebenarnya bagaimana representasi dari warna hitam tersebut.

ads

Baca juga:

Warna hitam dalam psikologi juga memiliki sebuah penggambaran tersendiri. Psikologi warna merupakan salah satu bagian dari ilmu psikologi yang sering berusaha memberikan makna dari warna. Setiap warna memiliki karakteristiknya tersendiri yang secara tidak langsung akan memberikan efek tertentu secara psikologis bagi siapa saja yang melihatnya. Berikut ini adalah beberapa macam makna dari warna hitam jika ditinjau dari segi psikologi.

  1. Ketakutan

Warna hitam memiliki sebuah makna ketakutan tersendiri. Ini sebenarnya bisa diperhatikan dari bagaimana hal-hal yang sifatnya seram identik dengan sesuatu yang gelap, buntuk dan tidak berwarna sama sekali. Tentu saja, ketakutan adalah sebuah gambaran yang tepat ketika kita melihat sesuatu yang berwarna hitam atau gelap. Suasana malam di hutan misalnya, bisa menjadi sesuatu yang menakutkan dan mencekam.

  1. Kesedihan

Kesedihan juga bisa direpresentasikan dengan menggunakan warna hitam. Perasaan berduka, sedih dan depresi biasanya identik dengan warna hitam. Ini tidak lain karena warna hitam dianggap menyerap semua warna yang ada dan membalikannya menjadi gelap, seolah-olah sesuatu tersebut sudah hilang atau mati. Kehilangan dan kematian selalu memiliki dampak kesedihan bagi seseorang.

  1. Ancaman atau Kejahatan

Ancaman atau kejahatan juga sebenarnya berdasar pada bagaimana karakteristik warna hitam yang bisa lebih banyak menyerap unsur cahaya. Naluri jahat, sikap-sikap yang tidak baik biasanya identik dengan warna hitam. Tak heran bila kemudian warna hitam ini juga menjadi sebuah hal yang bisa sangat buruk bagi seseorang. Seseorang bisa saja merasa lebih terancam ketika suasana di sekitarnya menjadi gelap. Ia akan kesulitan mengamati lingkungannya dalam kegelapan. Inilah alasan mengapa warna hitam identik dengan ancaman atau kejahatan.

  1. Kekuasaan

Kekuasaan juga bisa diwakili oleh simbol warna hitam. Pada dasarnya, semua warna seakan bisa kalah seketika dengan warna hitam. Ini pula yang menjadikan warna hitam memiliki makna sebagai sesuatu yang berkuasa. Dia lebih dominan dibandingkan dengan yang lain. Tentu saja ini menjadi sebuah makna tersendiri bagi siapa saja yang memang menyukai warna gelap atau hitam. (Baca juga: 4 karakter manusia)

  1. Perlindungan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, makna warna hitam dalam simbolisme psikologis juga memiliki arti sebagai suatu perlindungan. Bagaimana sebuah kekuasaan tersebut kemudian bisa melindungi yang lain. Ini tentu saja menjadi hal yang cukup menarik bagi siapa saja yang memang suka dengan karakteristik warna hitam.

  1. Ketenangan

Warna hitam juga menggambarkan karakteristik yang tenang. Warna netral ini seakan bisa menjadi penyeimbang dengan warna yang lain. Apa pun bisa dilekatkan dengan warna hitam sehingga menjadikan warna ini cenderung banyak digunakan untuk membuat komposisi sebuah seni menjadi lebih baik lagi. Dalam dunia psikologi sendiri, warna hitam seakan menjadi sebuah ciri yang khas untuk suatu sifat yang netral atau tenang. (Baca juga: Tipe kepribadian manusia)


  1. Keteguhan

Bagaimana solid dan kakunya warna hitam ini kemudian bisa dimaknai sebagai sesuatu yang teguh. Keteguhan hati seseorang biasanya juga bisa diwakili dengan cerminan warna hitam ini. Tentu saja ini merupakan hal yang cukup menarik, terutama bagi yang ingin menggunakan warna hitam sebagai suatu simbol tertentu. Warna hitam mencerminkan kerigidan. Karakteristik ini bisa sangat terlihat dari bagaimana kesan yang ada di dalamnya.

  1. Keanggunan

Terakhir, sebagaimana telah dijelaskan dalam pembuka artikel ini, warna hitam juga mengandung makna sebagai sesuatu yang elegan. Kita bisa memperhatikan di lingkungan kita sendiri. Bagaimana orang-orang dengan gaya pakaian warna hitam biasanya cenderung memiliki kesan yang elegan, anggun dan mewah. Warna hitam bisa memiliki nuansa yang mewah dan elegan karena sifatnya yang memang sederhana dan tidak berlebihan. Kadang kesederhanaan justru bisa menjadi sesuatu yang lebih mahal nilainya.

Jadi, itulah beragam makna dari warna hitam. Secara psikologis, warna hitam ini memang cocok sekali digunakan untuk mewakili hal-hal yang sifatnya netral. Melalui uraian di atas, sebenarnya kita bisa melihat bahwa warna hitam bisa mengandung dua makna, yaitu positif atau negatif. Ini tentu tergantung dengan konteks situasi dari penggunaan warna hitam itu sendiri. Semoga informasi mengenai makna warna hitam dalam simbolisme psikologis bermanfaat dan sampai jumpa di posting selanjutnya mengenai psikologi warna.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Warna