Sponsors Link

Kelebihan Dan Kekurangan Teori Psikoanalisis Yang Perlu Dipahami

Sponsors Link

Dalam ilmu psikologi pendidikan tentu kita akan mengenal banyak teori teori yang berkembang dari para ahli psikologi yang diakui, seperti halnya dengan ilmu dasar lainya. Teori belajar dalam psikologis terus berkembang dan ada beberapa teori kuat yang selalu menjadi dasar munculnya beberapat teknik teknik dalam psikologi. Salah satu teori yang populer dan harus dipahami dengan baik oleh para psikolog adalah teori Psikoanalisis klasik yang dipaparkan oleh Sigmund Freud, seorang dokter yang mempelajari kepribadian dan kejiwaan.

ads

Sigmund freud, memaparkan bahwa teori Psikoanalisis yang dikemukakannya dan dipraktekannya untuk memahami setiap pasen yang ditangani, menyatakan bahwa setiap orang memiliki ketidaksadaran akan kemampuan individu untuk memiliki peran utama dalam diri sesorang. Sama halnya dengan teori psikologi humanistik yang memiliki nilai positif dan negatif, teori psikoanalisispun demikian. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan teori psikoanalisis dalam penjelasan di bawah ini.

Kelebihan Teori Psikoanalisis

Teori psikoanalisis yang digunakan dalam menghadapi permasalahan seorang pasien tentu memiliki nilai positif dalam kaitannya dengan kelebihan dan kekurangan teori psikoanalisis dari teknik teknik yang digunakan. Berikut beberapa kelebihan dari teori psikoanalisis yang harus dipahami dengan baik diantaranya seperti :

  1. Membantu untuk menjadikan individu percaya akan kemampuan dirinya yang selama ini tidak disadari dengan baik. Dengan teknik dalam teori psikoanalisis, seseorang akan mampu menemukan kemampuan dirinya dalam menyelesaikan masalah yang ada.
  2. Mampu menggabungkan teknik teknik dalam psikoterapi dengan teori psikologi kepribadian.
  3. Dapat memahami kehidupan psikologi seorang individu dan memahami lebih dalah mengenai sifat manusia.
  4. Membantu mengatasi kecemasan melalui analisa terhadap mimpi, resistensi, dan transferensi.
  5. Konselor dapat memiliki kerangka konseptual yang jelas dalam memahami tingkah laku dan mengetahui fungsi dari simptomatologi.
  6. Teori psikoanalisis mengajarkan sangat pentingnya masa kanak kanak dalam perkembangan kepribadian seseorang.

Kekurangan Teori Psikoanalisis

Seperti halnya dengan teori lainnya dalam psikologi, teori psikoanalisis yang cukup populer digunakan oleh para konselor juga memiliki nilai negatif yang harus dipahami dengan baik agar dapat mengatasinya. Berikuti beberapa contoh kelebihan yang dimiliki oleh teori psikoanalisis dalam penjelasan di bawah ini.

  1. Teknik dan penekanan yang dilakukan terkadang terlalu merendahkan martabat manusia meskipun tidak selalu disadari dengan baik.
  2. Terlalu menekankan pada masa lalu sehingga seolah olah tanggung jawab individu menjadi berkurang meskipun maksudnya tidak demikian.
  3. Perilaku seseorang ditentukan oleh Energi psikis adalah teori yang maish meragukan dan kerap kali psikoanalisis meminimalkan rasional.
  4. Efisiensi waktu yang biaya yang kurang baik jika teori psikoanalisis di terapkan. Hal ini dikarenakan untuk mengali masa lalu dan membantu pasien menemukan kemampuan dirinya tidaklah cukup dengan hanya satu atau dua kali pertemuan saja melainkan lebih dari itu.
  5. Dapat menimbulkan kebosanan dan kelelahan pada pasien karena proses yang cukup panjang dan tidak segera menemukan keinginan yang diharapkan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan teori psikoanalsis yang perlu diperhatikan dengan baik sebagai salah satu bentuk teori yang berkembang di dunia psikologi dan digunakan hingga saat ini. Dengan mengetahui penjelasan diatas, maka ada upaya untuk memaksimalkan potensi yang ada dan mencegah kekurangan dari teori psikoanalisis.

Sponsors Link
, , ,