Sponsors Link

Tipe Kepribadian ESFP

Sponsors Link

Tipe Kepribadian ESFP

ads

Pengertian

Tipe kepribadian ESFP senang dengan orang-orang dan pengalaman baru. Mereka hidup dengan senang dan menikmati jika menjadi pusat perhatian. Orang tipe kepribadian ESFP hidup di saat ini dan tempat ini, dan mereka menyukai kehebohan dan drama dalam kehidupan. Baca juga mengenai : teori psikologi yang berbenturan dengan teori lain

Tipe kepribadian ESFP memiliki kemampuan interpersonal yang kuat dan mereka akan sering berperan sebagai pendamai. Kepribadiannya yang mementingkan perasaan sering digunakan untuk bersimpati pada orang lain. Mereka biasanya cukup hangat dan baik pada orang lain. Baca juga mengenai : tips agar tidak insecure terhadap diri sendiri

Mereka akan memperhatikan orang lain dan terlihat merasakan apa ada yang salah pada diri seseorang sebelum orang lain melakukannya. Mereka mungkin bukan pemberi nasehat terbaik di dunia karena mereka tidak menyukai teori dan perencanaan masa depan, tapi mereka bagus untuk memberikan perhatian langsung. Baca juga mengenai : tips bertahan di tempat kerja yang tidak nyaman

Tipe kepribadian ESFP merupakan orang yang spontan dan optimis. Mereka senang untuk bersenang-senang. Orang tipe kepribadian ESFP yang tidak mengembangkan sisi thinking mereka mungkin akan sedikit bermasalah karena hanya merasakan saja sehingga tidak melihat konsekuensi yang akan terjadi dari apa yang mereka perbuat. Namun mereka adalah orang yang menyayangi orang lain dan begitu juga sebaliknya. Mereka sangat baik pada teman mereka. Tapi saat ada yang menantang mereka maka mereka akan bersikap keras melawan orang tersebut. Baca juga mengenai : tips yang harus dipersiapkan sebelum bertemu psikolog

Tipe kepribadian ESFP biasanya memiliki ikatan yang kuat dengan orang lain begitu juga pada hewan dan anak kecil yang tidak ditemukan pada tipe kepribadian lainnya. Mereka juga biasanya memiliki apresiasi yang kuat terhadap keindahan. Mereka sangat mencintai kehidupan dan tahu bagaimana caranya untuk bersenang-senang. Baca juga mengenai : makna warna hitam dalam simbolisme psikologi

Terlahir sebagai tipe kepribadian ESFP, tipe kepribadian ESFP sangat suka lampu sorot, tetapi panggungnya adalah dunia. Banyak orang terkenal yang memiliki tipe kepribadian ESFP memang merupakan aktor, tetapi mereka sangat suka menghibur teman mereka juga, mengobrol dengan kejenakaan yang unik dan membumi, menyedot perhatian dan membuat setiap tamasya menjadi mirip pesta. Sangat sosial, tipe kepribadian ESFP menikmati hal yang paling sederhana, dan tidak ada hal yang lebih menyenangkan bagi mereka dibandingkan bersenang-senang dengan kawan-kawan mereka.

Tidak hanya bicara saja – tipe kepribadian ESFP memiliki rasa estestika yang paling kuat di antara kepribadian yang ada. Dari merawat diri dan pakaian hingga rumah dengan perabotan lengkap, tipe kepribadian ESFP pandai dalam hal mode. Mengetahui apa yang menarik tepat saat mereka melihatnya, tipe kepribadian ESFP tidak takut mengubah sekelilingnya untuk merefleksikan gaya pribadi mereka. Tipe kepribadian ESFP biasanya ingin tahu, menjelajahi desain dan gaya baru dengan mudah.

Walaupun mungkin tidak selalu seperti itu, tipe kepribadian ESFP tahu bahwa tidak semua hal adalah tentang mereka – mereka penuh pengamatan, dan sangat sensitif terhadap emosi orang lain. Orang dengan jenis kepribadian ini seringkali paling dahulu membantu orang lain membicarakan masalah yang menantang, dengan senang memberikan dukungan emosional dan nasihat praktis.


Namun demikian, jika masalahnya adalah tentang mereka, tipe kepribadian ESFP lebih suka menghindari konflik daripada mengatasinya secara frontal. Tipe kepribadian ESFP bisanya sangat menyukai sedikit drama dan gairah, tetapi tidak terlalu banyak ketika mereka menjadi fokus kritik yang dapat ditimbulkan.

Tantangan terbesar yang dihadapi tipe kepribadian ESFP adalah bahwa mereka seringkali terlalu berfokus pada kesenangan langsung sehingga mengabaikan tugas dan tanggung jawab yang memungkinkan tercapainya kemudahan tersebut. Analisis yang kompleks, tugas berulang, dan mencocokkan statistik dengan konsekuensi nyata bukanlah kegiatan yang mudah bagi orang dengan tipe kepribadian ESFP ini.

Mereka lebih tergantung pada keberuntungan atau peluang, atau meminta bantuan dari lingkaran temannya yang luas. Penting bagi tipe kepribadian ESFP untuk menantang diri mereka sendiri untuk tetap melacak hal-hal jangka panjang seperti rencana pensiun atau asupan gula – tidak selalu akan ada orang lain yang dapat membantu mengawasi hal seperti ini.

Tipe kepribadian ESFP mengenali nilai dan kualitas, yang pada dirinya merupakan ciri yang baik. Selain dari kecenderungan mereka menjadi perencana yang buruk, ini dapat menyebabkan mereka hidup melebihi kekayaan mereka, dan kartu kredit sangat berbahaya. Lebih terfokus pada melompat ke peluang daripada merencanakan sasaran jangka panjang, tipe kepribadian ESFP mungkin merasa rasa kurang perhatian mereka mengakibatkan sebagian kegiatan menjadi tidak terjangkau.

Kelebihan

1. Berani

Tipe kepribadian ESFP cenderung tidak tahu bagaimana untuk menahan diri. Mereka ingin memiliki berbagai pengalaman untuk dialami. Orang dengan tipe kepribadian ESFP tidak takut untuk keluar dari zona nyaman mereka.

2. Orisinil

Tradisi dan ekspektasi adalah hal sampingan bagi tipe kepribadian ESFP. Mereka lebih suka bereksperimen dengan gaya baru dan menemukan cara baru untuk tetap bersinar di keramaian.

3. Estetis dan showmanship

Tipe kepribadian ESFP memiliki kreativitas seni dalam perkataan dan aktivitas mereka. Setiap hari bagi mereka adalah untuk menampilkan diri dan mereka menyukai hal tersebut.

4. Praktikal

Bagi tipe kepribadian ESFP, dunia ini harus dirasakan dan dialami. Kebenaran lebih aneh daripada cerita fiksi dan tipe kepribadian ESFP memilih untuk melihat dan melakukan daripada hanya berfilosofi tentang “bagaimana jika?”

5. Suka mengobservasi

Dengan fokusnya pada sekarang dan di sini dalam melakukan sesuatu membuat orang tipe kepribadian ESFP secara alami mampu melihat kenyataan, bukti sesuatu dan perubahan

6. Kemampuan sosialisasi

Tipe kepribadian ESFP senang memperhatikan orang lain. Mereka senang berbicara dan hampir tidak pernah kehabisan bahan untuk didiskusikan.

Kekurangan

1. Sensitif

Tipe kepribadian ESFP sangat emosional dan lemah pada kritikan. Ini mungkin menjadi kelemahan terbesar dari tipe kepribadian ESFP karena membuat kelemahan lainnya sulit untuk diatasi.

2. Menolak konflik

Tipe kepribadian ESFP kadang tidak menghiraukan dan menghindari konflik secara keseluruhan. Mereka akan mencoba keluar dari situasi tersebut kemudian beralih ke hal lain yang menyenangkan.

3. Mudah bosan

Tipe kepribadian ESFP merupakan pribadi yang mudah bosan karena selalu mencari hal-hal yang menarik dan lebih menarik.

4. Perencana jangka panjang yang buruk

Tipe kepribadian ESFP jarang membuat rencana detail untuk masa depan mereka. Mereka tidak suka berencana karena percaya bahwa sesuatu dapat berubah sewaktu-waktu.

5. Tidak fokus

Semua hal yang membutuhkan dedikasi dan fokus dalam jangka lama menjadi tantangan berat bagi tipe kepribadian ESFP.


Pekerjaan yang cocok

  • Wirausaha
  • Ibu rumah tangga
  • Peneliti
  • Selebriti
  • Penyanyi
  • Pencipta lagu
  • Novelis

Tokoh yang memiliki kepribadian ESFP

Adele, Marylin Monroe, Jamie Oliver, Jamie Foxx, Adam Levine.

Sponsors Link
, , , , ,