Sponsors Link

10 Aplikasi Psikodiagnostik Dalam Bidang Sosial Paling Lengkap

Sponsors Link

Masih membahas seputar psikologi nih sobat. Penulis masih selalu setia memberikan ulasan  yang tentunya akan menambah wawasan dan informasi anda khususnya mengenai psikologi dalam setiap ulasan yang penulis sajikan buat sobat semua.

ads

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasanya psikologi ini sangatlah memberikan peran penting bagi kita dan juga disemua aspek dalam kehidupan kita tentunya. Namun yang akan menjadi fokus pembahasan kita pada kesempatan kali ini adalah mengenai apa aplikasi psikodiagnostik dalam bidang sosial.

Apakah sobat semua sudah pernah mendengar psikodiagnostik ini sobat? Jika belum ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini. Yuk sobat, berikut ulasannya untuk anda.

Adapun psikodiagnostik sendiri bersal dari dua kata, yaitu psikologi dan diagnostik. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, psikologi merupakan sebuah cabang ilmu pendidikan yang memnpelajari atau meneliti tentang perilaku, sifat, mental, kejiwaan seseorang serta hubungannya dengan dunia sosialnya.

Sedangkan diagnostik adalah artinya mencari tahu. Dengan demikian, dapatlah kita simpuklan bahwasanya pengertian psikologi diagnostik adalah sebuah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari tentang bagaimana cara untuk mengetahui karakter dari kelebihan dan kekurangan seseorang atau seorang individu.

Untuk sekarang ini, penggunaan psikologi psikoadiagnostik ini sudah sangat berkembang ditengah  masyarakat. Perkembangan psikodagnstik sekarang ini menunjukkan perluasan di berbagai aspek kehidupan manusia. Hal ini ditunjukkan oleh meluasnya bidang prakter atau pekerjaan yang dilakukan oleh para ahli psikologi atau psikolog.

Psikodiagnostik itu sendiri senantiasa melibatkan assessment dan pengukuran baik secara kualitaif maupun secara kuantitafif yang memang saat ini dikembangkan demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

Oleh karena psikodiagnostik tersebut sangatlah penting dan sudah banyak digunakan dalam berbagai aspek dalam kehidupan manusia, salah satu aspek yang dimaksud adalah pada aspek sosial. Berikut ini 10 aplikasi psikodoagnositik dalam bidang sosial yang bisa anda jadikan refrensi. Berikut ulasannya untun anda.

Penerapan psikodoagnostik dalam bilang sosial adalah salah satu penerapan yang sifatnya tergolong sangat terbuka, klasikal dan jarang yang sifatnya individual, meskipun sebenarnya individu merupakan satuan kelompok sosial yang akan menggambarkan kondisi sosial dalam suatu populasi.


1. Psikodiagnostik Dalam Hal Observasi

Aplikasi psikodoagnostik yang pertama adalah dalam hal observasi. Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas, bahwasnya psikodiagnostik ini sudah berkembang diseluruh aspek kehidupan manusia. Salah satu pengaplikasian psikodiagnostik ini adalah dalam hal observasi. Observasi dalm hal ini termasuk dalam hal observasi apapun yang memnag sifatnya berguna dan dibutuhkan oleh sosial. (Baca juga mengenai teori etika dalam psikologi)

2. Psikodiagnostik Dalam Hal Wawancara

Aplikasi psikodoagnostik yang kedua adalah dalam hal wawancara. Wawancara tidak hanya membahas mengenai pembicararaan antara seorang HRD dengan calon karyawannya. Namun wawancara ini juga bisa mencakup wawancara yang dilakukan oleh seorang moderator sebuah acara yang menanyakan atau mewawancarai kandidat pemerintahan daerah, yang konon infomasi tersebut berguna untuk kepentingan sosial. (Baca juga mengenai pengaruh egosentrisme terhadap remaja)

3. Psikodiagnostik Dalam Hal Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Aplikasi psikodiagnostik yang ketiga adalah sebagi aplikasi yang digunakan untuk mengetahui kelemahan atau kelebihan seseorang yang ingin masuk ke perguruan tinggi. Pada umumnya, apabila seseorang ingin masuk ke perguruan tinggi sudah pasti akan adanya seleksi ya sobat, nah disinilah peranan dari psikodiagnostik ini akan difungsikan untuk mencari atau apa saja kelemahahan dan kelebihan dari calon mahasiswa tersebut dengan menggunakan alat tes tentunya. (Baca juga mengenai pengaruh egosentrisme terhadap remaja)

4. Psikodiagnostik Dalam Hal Perekrutan Karyawan

Aplikasi psikodiagnostik yang keempat adalah terhadap perekrutan karyawan. Jika berbicara mengenai perekrutan karyawan sudah tidak asing lagi ditelinga kita ya sobat bahwasanya sebelum kita menerima seorang karyawan pihak perusahaan sudah sewajarnya terlebih dahulu mengetahui apa saja kelemahan dan kelebihan dari calon karyawan tersebut agar tidak salah merekrut orang. (Baca juga mengenai cara menghilangkan trauma dalam cinta)

5. Psikodiagnostik Dalam Hal Penerimaan PNS

Aplikasi psikodiagnostik yang kelima adalah dalam hal penerimaan PNS. Bukan hanya penerimaan karyawan di perusahaan swasta yang memerlukan adanya psikodiagnostik ini ya sobat, namun pada saat penerimaan PNS pun sdah sepatutnya dan seharsunya menggunakan psikodiagnstik ini agar calon PNS yang lulus ujian negara adalah benar – benar PNS yang sesuai denga kebutuhan. (Baca juga mengenai pengaruh film terhadap remaja)

6. Psikodiagnostik Dalam Hal Konseling

Aplikasi psikodiagnostik yang keenam adalah dalam hal konseling. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, konseling juga tentunya membutuhkan psikodiagnostik untuk mengukur seberapa besar kekuatan atau kelemahan dari konseliee yang sedang menghadapai suatu masalah. Dan tentunya dalam pengambilan keputusan akan masalah yang dihadapi, psikodagnostik ini juga akan sangat diperlukan. (Baca juga mengenai pengaruh gaya hidup terhadap remaja)

7. Psikodiagnostik Dalam Hal Pembimbingan Anak

Aplikasi psikodiagnostik yang ketujuh adalah dalam hal pembimbingan anak. Bagi sebagian orang tua, membimbing anaknya untuk selalu menjadi yang terbaik tidaklah segampang yang kita bayangkan. Ada begitu banyak cara yang kita lakukan untuk memberikan yang terbaik bagi para buah hatinya. Salah satu cara yang dimaksud adalah dengan mengguakan psikodiagnostik ini untuk lebih mengenal kelemahan dan kelebihan buah hatinya. (Baca juga mengenai jenis cinta dalam psikologi)

8. Psikodiagnostik Dalam Hal Mencari Bakat Anak

Aplikasi psikodiagnostik yang kedelapan adalah dalam hal pencarian bakat anak. Memang bakat ada yang merupakan faktor keturunan namun ada pula yang memang harus dicari atau dan harus digali serta diasah agar bakat yang dimiliki anak anda semakin maksimal. Untuk itu banyak sekali yang mengguankan psikodiagnostik ini sebagai alternatifnya. (Baca juga mengena cara meningkatkan kreativitas pada anak)

9. Psikodiagnostik Dalam Memahami Karater Karyawan

Aplikasi psikodiagnostik yang ke sembilan adalah sebagai alat untuk memahami karakter karyawan. Seorang HRD yang baik dan bijaksana, haruslah bisa menjadi “ problem solving “ bagi para karyawannya. Dengan mengguankan psikodiagnostik ini, maka seorang HRD dapt mencari atau bagaimana sikap atau karakter karyawannya, sehingga bisa menjadi problem solving baginya sesuai dengan karakter karyawan tersebut. Karena beda karakter tentunya berbeda pula cara penangannya ya sobat.

10. Psikodiagnostik Dalam Mendekatkan Diri Dengan Lingkungan

Aplikasi yang terakihir yang tidak kalah penting yang harus kita lakukan adalah dalam hal mendekatkan diri dnegan lingkungan. Dengan adanya psikodiagnostik ini maka kita bisa melihat kelebihan dan kekurangan lingkungan yang akan kita dekati.

Sekian infornasi mengenai 10 aplikasi psikodiagnostik dalam bidang sosial yang bisa penulis sajikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat ya sobat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya dan terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial