Sponsors Link

Tipe Kepribadian INFP

Sponsors Link

Tipe kepribadian INFP

ads

Pengertian

Tipe kepribadian INFP adalah singkatan dari introvert, intuition, feeling, perceiving. Berikut penjelasan dari huruf-huruf tersebut: Baca juga mengenai : teori psikologi yang berbenturan dengan teori lain

  • Huruf pertama merupakan cara individu memusatkan perhatian
  • Huruf kedua adalah cara individu memahami informasi dari luar
  • Huruf ketiga menjadi indikator cara individu menarik kesimpulan dan membuat keputusan
  • Huruf terakhir menunjukkan pola hidup individu

Introversion (i): tipe kepribadian INFP cenderung pendiam dan menyendiri. Mereka lebih memilih berteman dengan sedikit individu. Baca juga mengenai : tips agar tidak insecure terhadap diri sendiri

Intuitive (n): tipe kepribadian INFP cenderung melihat pada gambaran besar daripada detail. Mereka teliti pada hal yang disukai tapi mengabaikan detail yang membosankan.

Feeling (f): tipe kepribadian INFP lebih banyak dipengaruhi oleh perasaan mereka daripada informasi obyektif.

Perceiving (p): tipe kepribadian INFP senang menjaga pilihan tetap terbuka, jadi mereka lebih sering menunda membuat keputusan untuk melihat apakah ada pilihan atau situasi yang baru. Baca juga mengenai : tips bertahan di tempat kerja yang tidak nyaman

Individu dengan tipe kepribadian INFP fokus ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi individu-individu. Tujuan utama mereka adalah menemukan arti mereka dalam kehidupan. Mereka adalah individu yang idealis dan perfeksionis, yang menggerakkan diri mereka untuk mencapai tujuan mereka. Mereka juga terus mencoba menemukan kebenaran dan arti dari sesuatu yang tertutupi. Baca juga mengenai : tips yang harus dipersiapkan sebelum bertemu psikolog

Secara umum, tipe kepribadian INFP adalah pendengar yang baik dan menempatkan individu dalam ketentraman. Meskipun mereka menahan untuk mengekspresikan emosi, mereka dapat peduli dan tertarik untuk mengerti individu lain. Hal ini menjadikan tipe kepribadian INFP individu teman yang bernilai. Mereka dapat menjadi hangat dengan individu-individu yang mereka kenal baik. Baca juga mengenai : makna warna hitam dalam simbolisme psikologi

Tipe kepribadian INFP tidak menyukai konflik dan mencoba untuk menjauhinya. Jika mereka harus menghadapi konflik, mereka akan selalu menggunakan pendekatan perasaan. Tipe kepribadian INFP akan menjadi tipe kepribadian INFP yang baik dan dapat mengatasi konflik pada individu lain karena mereka dapat mengerti perspektif dan perasaan individu lain dan ingin membantu mereka.

Kebanyakan individu tipe kepribadian INFP akan menolak analisis impersonal meskipun sebagian memiliki kemampuan dan mampu berpikir logis. Mereka tidak suka berurusan dengan fakta dan logika yang terlalu serius. Di bawah tekanan, biasanya tipe kepribadian INFP mudah marah dan tidak menggunakan logika dengan semestinya.

Tipe kepribadian INFP memiliki standar yang tinggi dan perfeksionis, mereka biasanya keras pada diri sendiri dan tidak memberikan diri mereka cukup penghargaan. Mereka mungkin akan memiliki masalah saat berkerja dalam kelompok, karena standar mereka cenderung lebih tinggi dari anggota lainnya. Di situasi kelompok, mereka memiliki masalah dalam “kontrol.” Tipe kepribadian INFP perlu bekerja dengan seimbang memenuhi standar mereka dan kebutuhan sehari-hari.

Tipe kepribadian INFP biasanya adalah penulis berbakat. Mereka mungkin akan terlihat tidak nyaman dan aneh dalam mengekspresikan diri secara verbal, tapi mereka memiliki kemampuan untuk mengekspresikan apa yang mereka rasakan dalam tulisan. Tipe kepribadian INFP biasanya juga terlihat di profesi pelayanan sosial seperti konseling atau mengajar. Mereka cukup baik saat bekerja untuk masyarakat yang tidak memerlukan logika yang terlalu berat.


Tipe kepribadian INFP adalah idealis sejati, selalu mencari celah kebaikan bahkan pada individu atau kejadian terburuk sekalipun, mencari cara untuk membuatnya menjadi lebih baik. Walaupun mereka mungkin dirasa pendiam, tidak ramah, bahkan pemalu, tipe kepribadian INFP memiliki api dan semangat di dalam dada yang benar-benar dapat bersinar.

Mencapai 4% dari populasi, sayangnya, risiko merasa salah dipahami cukup tinggi bagi tipe kepribadian INFP – tetapi jika mereka menemukan individu yang memiliki kecenderungan yang sama untuk diajak berbicara, keharmonisan yang mereka rasakan akan menjadi sumber kesenangan dan inspirasi.

Tipe kepribadian INFP dipandu oleh prinsip mereka, bukan oleh logika, kegembiraan, atau kepraktisan. Saat menentukan cara untuk bergerak maju, mereka akan memperhatikan kehormatan, keindahan, moralitas dan nilai – tipe kepribadian INFP dipimpin oleh kemurnian iktikad mereka, bukan penghargaan dan hukuman.

Individu yang memiliki tipe kepribadian INFP bangga dengan kualitas ini, dan memang demikian, tetapi tidak semua individu memahami pendorong dibalik perasaan itu, dan itu dapat menyebabkan pengucilan.

Dalam bentuk terbaiknya, kualitas ini memungkinkan individu dengan tipe kepribadian INFP berkomunikasi secara mendalam dengan individu lain, mudah berbicara menggunakan metafora dan perumpamaan, dan memahami dan menciptakan simbol untuk menyampaikan ide mereka. Kekuatan gaya komunikasi intuitif ini sangat memungkinkan untuk berkecimpung di pekerjaan kreatif, dan tidak mengherankan jika banyak tipe kepribadian INFP terkenal adalah pujangga, penulis dan aktor. Memahami diri dan tempat mereka di dunia ini merupakan hal yang penting bagi tipe kepribadian INFP, dan mereka menjelajahi ide ini dengan menonjolkan diri dalam pekerjaan mereka.

Tipe kepribadian INFP memiliki bakat untuk mengekspresikan diri, memperlihatkan keindahan dan rahasia mereka melalui mefora dan karakter fiksi. Kemampuan tipe kepribadian INFP dalam berbahasa tidak hanya dalam bahasa ibu mereka, tetapi – mereka dianggap berbakat dalam hal mempelajari bahasa kedua (atau ketiga!). Bakat berkomunikasi juga memungkinkan tercapainya keinginan tipe kepribadian INFP untuk menggapai keharmonisan dan membantu kepribadian ini untuk bergerak maju memenuhi panggilan mereka.

Tidak seperti tipe kepribadian yang lebih sosial, tipe kepribadian INFP akan memfokuskan perhatian mereka hanya kepada beberapa individu, satu aksi bermanfaat – diketahui hanya sedikit individu, mereka akan kehabisan energi, dan bahkan menjadi sedih dan bingung oleh semua keburukan dunia yang tidak dapat mereka perbaiki. Ini menjadi pandangan yang menyedihkan bagi teman tipe kepribadian INFP, yang akan datang tergantung pada pandangan mereka yang penuh harapan.

Jika mereka tidak berhati-hati, tipe kepribadian INFP dapat kehilangan diri dalam petualangan mereka selamanya dan mengabaikan pemeliharan kehidupan sehari-hari. Tipe kepribadian INFP seringkali terhanyut dalam pikiran yang dalam, menikmati kontemplasi hipotetis dan filosofis lebih dari tipe kepribadian apa pun. Jika tidak dihentikan, tipe kepribadian INFP dapat kehilangan sentuhannya, menarik diri menjadi “pertapa”, dan itu akan menghabiskan banyak energi dari teman dan pasangan untuk membawa mereka kembali ke dunia nyata.

Untungnya, seperti bunga di musim semi, pengaruh, altruisme dan idealisme tipe kepribadian INFP akan selalu kembali, memberi ganjaran bagi mereka dan individu yang mereka cintai mungkin bukan dengan logika dan manfaat, tetapi dengan pandangan dunia yang menginspirasi belas kasihan, kebaikan hati dan keindahan di mana saja mereka berada.

Kelebihan

  • Idealistis.
  • Punya kemampuan untuk mempengaruhi individu lain.
  • Terbuka dan fleksibel.
  • Kreatif.
  • Memiliki semangat kerja yang tinggi.
  • Setia, puitis, baik hati.

Kekurangan

  • Terkadang terlalu idealistis.
  • Sulit untuk dipahami.
  • Terlalu mementingkan individu lain dan seringkali mudah mengalah.
  • Tidak suka berhadapan dengan data.

Pekerjaan yang cocok

  • Psikolog.
  • Pekerja sosial.
  • Konselor.
  • Bekerja di bagian rehabiltasi.

Tokoh yang memiliki kepribadian INFP

William shakespeare, julia roberts, lisa kudrown, tom hiddleston, j. R. R. Tolkien, bjork, johnny depp.

Sponsors Link
, , , , ,