Sponsors Link

Tipe Kepribadian ENFJ

Sponsors Link

Tipe kepribadian ENFJ

ads

Pengertian

Tipe kepribadian ENFJ pemimpin yang dilahirkan alam, penuh gariah dan karisma. Mencapai sekitar dua persen dari populasi, kepribadian ini seringkali menjadi politis, pelatih dan guru kita, mendukung dan menginspirasi individu lain untuk berprestasi dan melakukan kebaikan di dunia ini. Dengan rasa percaya diri alami yang melahirkan pengaruh, tipe kepribadian ENFJ sangat bangga dan senang memandu individu lain untuk bekerja sama guna memperbaiki mereka dan masyarakat mereka. Baca juga mengenai : makna warna hitam dalam simbolisme psikologi

Individu tertarik ke dalam kepribadian yang kuat, dan tipe kepribadian ENFJ memancarkan keaslian, kepedulian dan mementingkan individu lain, tidak takut berdiri dan berbicara ketika mereka meresa ada hal yang perlu disampaikan. Baca juga mengenai : tips yang harus dipersiapkan sebelum bertemu psikolog

Mereka merasa alami dan mudah berkomunikasi dengan individu lain, khususnya secara langsung, dan sifatnya yang berwawasan membantu individu dengan tipe kepribadian ENFJ untuk mencapai setiap pikiran, baik melalui fakta dan logika maupun emosi mentah. Tipe kepribadian ENFJ dengan mudah dapat melihat motivasi individu dan kejadian yang terlihat tidak berhubungan, dan mampu menyatukan ide ini serta mengomunikasikannya sebagai tujuan umum dengan kepandaian berbicara yang selalu memukau. Baca juga mengenai : tips bertahan di tempat kerja yang tidak nyaman

Ketertarikan tipe kepribadian ENFJ terhadap individu lain adalah murni, hampir berlebihan – ketika individu dengan tipe kepribadian ini memercayai seindividu, mereka dapat menjadi terlalu terlibat dalam masalah individu lain, terlalu percaya kepada mereka. Untungnya, kepercayaan ini cenderung menjadi ramalan nyata, karena sifat mementingkan individu lain dan keaslian tipe kepribadian ENFJ menginspirasi individu yang mereka pedulikan untuk menjadi lebih baik. Namun jika kepribadian ini tidak berhati-hati, mereka dapat memiliki optimisme berlebihan, yang terkadang mendorong individu lebih jauh daripada yang dikehendaki individu tersebut. Baca juga mengenai : tips agar tidak insecure terhadap diri sendiri

Tipe kepribadian ENFJ juga rentan terhadap jebakan individu lain: mereka memiliki kapasitas besar untuk merefleksikan dan menganalisis perasaan mereka sendiri, tetapi jika mereka terlalu tenggelam dalam keadaan individu lain, mereka dapat membentuk hipokondria emosional, melihat masalah individu dalam diri mereka, mencoba memperbaiki sesuatu dalam diri mereka padahal tidak ada yang salah. Baca juga mengenai : teori psikologi yang berbenturan dengan teori lain

Jika kepribadian ini mencapai titik di mana mereka tertahan oleh batasan yang dialami individu lain, itu dapat menghambat kemampuan tipe kepribadian ENFJ untuk melihat dilema dan memberi bantuan sama sekali. Jika ini terjadi, penting bagi tipe kepribadian ENFJ untuk menahan diri dan menggunakan refleksi diri tersebut untuk membedakan antara hal yang mereka benar-benar rasakan, dan hal yang merupakan masalah terpisah yang harus dibicarakan dari perspektif lain.

Tipe kepribadian ENFJ adalah individu yang memiliki kepedulian asli, yang membuktikan apa yang dikatakan dan melaksanakan apa yang harus dilaksanakan, dan tidak ada yang membuat mereka lebih bahagia daripada memimpin pasukan, menyatukan, dan memotivasi mereka dengan antusiasme yang menular.

Individu dengan tipe kepribadian ENFJ altruis yang sangat bersemangat, bahkan terkadang berlebihan, dan mereka tidak mungkin takut menghadapi risiko saat berdiri untuk individu dan ide yang mereka percayai.

Tidak mengherankan jika banyak tipe kepribadian ENFJ terkenal adalah politikus berpengaruh dan pemimpin budaya – tipe kepribadian ingin memimpin menuju masa depan yang lebih cerah, baik dengan memimpin negara menuju kesejahteraan, atau memimpin tim softball anak-anak untuk meraih kemenangan dengan susah payah.


Fakta menarik seputar tipe kepribadian ENFJ:

  • Di antara tipe kepribadian lain, tipe kepribadian ENFJ tipe yang paling mungkin menggunakan olahraga sebagai obat stres.
  • Di antara tipe kepribadian lain, tipe kepribadian ENFJ tipe yang paling percaya keberadaan tuhan
  • Saat sekolah, tipe tipe kepribadian ENFJ adalah anak yang kalem dan nggak bermasalah
  • Di antara tipe kepribadian lain, tipe kepribadian ENFJ adalah yang paling merasakan kepuasan kerja, dan jarang pindah-pindah pekerjaan.

Tipe kepribadian ENFJ punya bakat murni sebagai guru. Sadar nggak sadar, tipe kepribadian ENFJ sering memimpin dan mengajari teman-temannya dalam belajar. Individu dengan tipe kepribadian ENFJ punya sifat suka memegang kendali, dan memimpin teman-temannya untuk sama-sama tumbuh dan berkembang.

Tipe kepribadian ENFJ dapat melihat potensi individu lain. Dan, dengan kehangatan yang ia punya, tipe kepribadian ENFJ dapat meyakinkan individu lain untuk mau berkembang. Tipe kepribadian ENFJ bersemangat dalam memimpin individu, sehingga individu yang dipimpin pun ketularan semangatnya.

Tipe kepribadian ENFJ adalah komunikator yang baik, berbakat dalam menggunakan kata-kata untuk mempengaruhi. Tipe kepribadian ENFJ juga suka mendengar individu lain. Mereka juga suka membantu menyelesaikan masalah individu lain, dan berdiskusi mengenai hidup dan masyarakat.

Tipe kepribadian ENFJ tergerak oleh rasa empati terhadap individu lain. Mereka punya kepekaan emosi terhadap individu lain, bahkan lebih peka dari individu yang merasakan emosi tersebut.

Hebatnya, kepekaan emosi ini tidak cuma untuk individu dekatnya saja; hati tipe kepribadian ENFJ selalu cukup untuk semua individu. Tipe kepribadian ENFJ akan tergerak bila melihat seindividu menderita, walaupun individu itu tak pernah ia kenal. Rasa simpati yang kuat ini membuat dia gampang terharu.

Tipe kepribadian ENFJ menginginkan hubungan yang dekat dan saling mendukung. Tipe kepribadian ENFJ yakin, bekerja sama adalah cara terbaik mengerjakan sesuatu. Makanya, masukan dan saran selalu diterima oleh mereka.

Tipe kepribadian ENFJ adalah individu dengan niat yang lurus, dan ia berharap individu lain pun memiliki niat yang sama. Tipe kepribadian ENFJ akan kecewa dengan individu yang tidak berbuat tulus untuk individu lain. Seperti motivator, individu tipe kepribadian ENFJ berfokus pada nilai-nilai dan visi, dan bersemangat menemukan kebaikan untuk individu lain.

Tipe kepribadian ENFJ adalah pemimpin sejati, penuh semangat dan karismatik. Ia pun termasuk tipe yang langka: hanya 2% individu di dunia merupakan kepribadian mbti. Tipe kepribadian ENFJ banyak ditemukan di bidang politik, pelatih dan guru, ada juga yang jadi motivator. Dengan pengaruh alami yang ia punya, tipe kepribadian ENFJ paling bahagia bila berhasil memandu individu lain untuk memperbaiki diri.

Semua individu tertarik dengan manusia berkarakter kuat, dan tipe kepribadian ENFJ memiliki itu. Tipe kepribadian ENFJ adalah individu yang lurus, apa adanya, dan peduli untuk individu lain. Bila menurutnya ada sesuatu yang salah, ia akan bangkit dan mengutarakannya.

Tipe kepribadian ENFJ mudah berkomunikasi dengan individu lain, terutama secara empat mata. Ini karena bakat intuisi (n) yang ia punya, membantu tipe kepribadian ENFJ dalam mempengaruhi individu lain. Kecakapan ini bisa melalui fakta atau sekadar “mengaduk-aduk” emosi pendengarnya.

Tipe kepribadian ENFJ punya kepedulian besar pada individu lain, sebuah tindakan tanpa mengharap balas.

Bila tipe kepribadian ENFJ melihat potensi dalam diri seindividu, ia akan sebisa mungkin membantu individu itu menggapai potensinya. Malah, secara polos ia mengira bahwa individu itu sama jujurnya dengan dia.

Hmmm sebenarnya bukan polos sih. Cuma, tipe kepribadian ENFJ percaya bahwa sejelek-jeleknya individu, pasti ada kelebihannya sendiri. Tipe kepribadian ENFJ bisa melihat kebaikan dalam diri individu lain. Ia sampaikan kebaikan itu, sehingga mereka yang semula enggan jadi berniat berubah.

Karena terlalu peduli pada individu lain, kadang tipe kepribadian ENFJ menyusahkan diri sendiri. Masalah individu lain pun ikut ia pusingkan. Jika individu yang ia percaya sedang mengalami hambatan, tipe kepribadian ENFJ kadang ikut menyalahkan dirinya sendiri. Sesuatu yang bukan masalahnya dia, justru malah membuat ia terganggu.

Karenanya, penting bagi tipe kepribadian ENFJ untuk berhenti sejenak dan menenangkan diri. Terkadang masalah individu lain harus individu itu sendiri yang menyelesaikan. Tipe kepribadian ENFJ dapat membantu, namun cara membantunya adalah dengan memberikan sudut pandang yang berbeda mengenai masalah itu.


Kelebihan

  • Toleransi tinggi.
  • Suka berempati atau suka menolong.
  • Berwibawa dan kharismatik.
  • Dapat menjadi leader yang baik.

Kekurangan

  • Terlalu idealistis.
  • Terlalu sensitif.
  • Terkadang tidak mementingkan diri sendiri.

Pekerjaan yang cocok

  • Politis
  • Pelatih
  • Guru
  • Pekerja sosial
  • Tenaga kesehatan
  • Motivator

Tokoh yang memiliki kepribadian ENFJ

Oprah winfrey, pope john paul ii, margaret mead, ralph nader, abraham maslow, dr. Phil mcgraw, dan martin luther king, jr..

Sponsors Link
, , , , ,