Sponsors Link

13 Strategi Pemasaran dalam Psikologi Konsumen Paling Lengkap

Sponsors Link

Jika berbicara mengenai psikologi, tentunya hal tersebut tidaklah jauh – jauh dari aspek yang ada dalam kehidupan kita secara menyeluruh. Sebagaimana yang sudah penulis jelaskan atau utarakan dalam pembahasan yang sebelumnya, bahwasanya psikologi ini sedikit banyak hampir mencakup semua aspek dalam kehidupan kita, untuk itulah keberadaan ilmu psikologi ini sangatlah penting untuk ka pelajari ya sobat.

ads

Oke sobat semua yang selalu penulis rindukan, pada kesempatan kali ini, tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya pada kesempatan kali ini kita juga masih akan membahas mengenai psikologi. Psikologi itu sendiri merupakan sebuah cabang ilmu pengetahuan yang dialamnya mempelajari tentang sesuatu yang bersifat abstrak, seperti mengenai kejiwaan, mental, sikap, perilaku serta hubungan seseorang atau interaksi seseorang dengan lingkungan sosialnya.

Adapun materi ayau topik yang akan menjadi pembahasan kita pada artikel kali ini adalah mengenai strategi pemasaran dalam psikologi konsumen. Nah buat sobat semua yang ingin mengetahui lebih dalma lagi fungsi psikologi dalam strategi pemasaran ini, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karena pada artikel kali ini penulis akan mengulasnya secara lengkap buat sobat semua. Yuk sobat, kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan, dimana strategi pemasaran meruapan suatu cara mencapai tujuan yang sudah ditentukan oleh perusahaan.  Segmentasi pasar juga merupakan suatu cara yang bisa dilakukan oleh para pelaku strategi pemasaran untuk menetukan barang atau prodak apa yang cocok dipasarkan pada suatu tempat atau daerah tersebut. Nah sobat semua, berikut ini adalah strategi pemasaran dalam psikologi konsumen. Berikut ulasannya untuk anda.

1. Lakukan Survey

Strategi yang pertama adalah melakukan survey. Melakukan  survey disini adalah dengan memastikan suatu tempat atau suatu pangsa pasar, tentang prodak apa yang akan dipasarkan yang sesuai dengan kebutuhan pasar tersebut. (Baca juga mengenai peran psikologi dalam aktivitas olahraga)

2. Faktor Ekonomi

Strategi yang kedua adalah memperhatikan faktor ekonomi. Memperhatikan faktor ekonomi adalah salah satu hal yang penting untuk kita lakukan sebelum mulai memasarkan suatu barang. Karena faktor ekonomi sangatalah mempengaruhi daya beli pasar tersebut. Jangan sampai kita memasarkan prodak pada pasar yang tidak tepat. (Baca juga mengenai aplikasi modifikasi perilaku psikologi olahraga)

3. Faktor Gaya Hidup

Strategi yang ketiga adalah faktor gaya hidup. Tidak jauh berbeda dar faktor ekonomi, faktor gaya hidup juga akan menentukan kebiasaan, ketertarikan atau faktor tuntutan hidup seseorang. Oleh karena itu sebelum memasaraka prodak ada baiknya kita melihat faktor gaya hidup inni terlebih dahulu. (Baca juga mengenai masalah yang dihadapi dalam penerapan psikologi olahraga)

4. Faktor Umur dan Siklus Hidup

Strategi yang keempat adalah memperhatikan faktor umur dan siklus hidup dalam satu pasar tertentu. Orang –  orang yang akan merubah barang atau jasa dalam kehidupannya juga tidak terlepas dari mur atau sikus hidup masyarakat tertentu. Rasa makanan, fashion, perabotan , dan yang lainnya tidaklah terlepas dari faktor umur atau siklus hidup. (Baca juga mengenai jenis konsentrasi dalam psikologi olahraga)

5. Faktor Pekerjaan

Strategi yang kelima adalah memperhatikan faktor pekerjaan. Pekerjaan seseorang mempengaruhi barang dan jasa yang dibeli. Hal ini sudah tidak asing lagi bagi kita ya sobat, karena beda pekerjaan atau profesi tentu berbeda pula kebutuhan hidupnya. (Baca juga mengenai psikologi olahraga)


6. Faktor Kebudayaan

Strategi yang keenam adalah memperhatikan faktor kebudayaan. Nilai –  nilai dasar, perilaku, kebiasaan seseorang tentulah tidak terlepas dari faktor kebudayaan seseorang atau sekelompok masyarakat. Nah sobat semua begitupun dengan suatu barang atau jasa yang akan dikonsumsinya pastinya akan berpengaruh terhadap nilai budaya nya.

7. Faktor Kelas Sosial

Strategi yang ketujuh adalah memperhatikan faktor kelas sosialnya. Jika berbicara mengenai kelas sosial sudah pasti hal tersebut akan berpengaruh terhadap barang atau jasa yang mereka butuhkan. Hal ini juga tidak akan terlepas dari strategi pemasaran yang harus anda lakukan ya sobat untuk menarik perhatian pada konsumen.

8. Faktor Prodak

Strategi yang ke delapan adalah startegi tentang prodak. Strategi yang tidak kalah penting lainnya adalah mengenai kualitas prodak yang akan anda pasarkan. Apabila prodak yang anda akan pasarkan adalah prodak yang berkualitas yang tinggi dan bersaing dengan prodak yang lainnya, maka diharapkan konsumen bisa memilih prodak yang anda akan pasarkan. Dan yang paling penting nih sobat, kualitas prodak ini adalah kunci utama yang harus anda pertahankan.

9. Faktor Harga

Strategi yang kesembilan adalah memperhatikan faktor harga. Faktor harga adalah salah satu hal yang harus anda perhatikan. Jika prodak yang anda sudah memiliki kualitas yang bagus, alangkah baiknya jika harganya juga bisa bersaing dengan prodak yang lainnya yang sejenis. Nah sobat semua pejuang –   pejuang pemasaran sisi psikologi yang satu ini juga bisa anda jadikan sebagai refrensi ya.

10. Faktor Promosi

Strategi yang kesepuluh adalah memperhatikan faktor promosi. Promosi adalah salah satu cara yag digunakan oleh para pelaku pasar untuk memperkenaklan prodak yang akan dijualnya. Jika tidak ada promosi maka kemungkinan besar prodak kita tidak akan laku karena tidak dikenal olem masyarakat yang luas.

11. Faktor Tempat

Strategi yang kesebelas adalah memperhatikan faktor tempat. Tempat merupakan salah satu faktor yag sangat penting. Apabila anda akan memasarkan suatu prodak hendak nya meninjau terlebih dahulu apakah tempat yang anda inginkan sudah strategis ataua belum agar market pasar anda bosa maksimal.

12. Faktor Komitmen

Strategi yang keduabelas adalah memperhatikan faktor komitmen. Setiap orang tentunya menginginkan untuk diperlakukan denagn jujur, begitupun anda ya sobat haris jujur keapda setiap pelanggan anda  tentang prodak yang anda jual.

13. Faktor Inovasi

Strategi yang ketiga belas adalah memperhatikan faktor inovasi. Agar market bisnis anda bsia maksimal maka anda harus memperhatikan inovasi pada prodak anda, agar prodak anda bsia tetap eksis dipasaran.


Itulah sobat strategi pemasaran dalam psikologi konsumen yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Terima kasih buat anda yang sudah berkunjung ke artikel ini. Sampai jumpa sobat diartikel selanjutnya tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik lainnya. Salam hangat selalu sobat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial