Sponsors Link

13 Cara Menjaga Persahabatan Agar Tetap Utuh

Sponsors Link

Yang namanya hubungan, pasti akan selalu mengalami pasang surut, termasuk salah satunya hubungan persahabatan. setiap orang pasti memiliki satu orang yang memamg benar-benar bisa dipercayainya, atau biasa disebut dengan sahabat. di dalam psikologi remaja sahabat merupakan seseorang yang bisa memahami kita, selalu ada bersama kita, disaat senang maupun susah. meski begitu mencari sahabat bisa dikatakan lebih mudah daripada mempertahankan ikatan persahabatan agar tetap utuh.

ads

Yang namanya sahabat pasti akan selalu ada disamping kita, meski kita dalam keadaan susah maupun sennag, sahabat jugalah yang selalu memotivasi kita, disaat terundung sebuah masalah.

Namun menjaga persahabatan terkadang memang jauh lebih sulit dari pada mendapatkan pertemanan itu sendiri. Terkadang ada masa dimana sahabat perlahan menjauh dan seiring dengan berjalannya waktu malah semakin menjauh.

Entah karena adanya masalah pada diri kita, ataupun ada permasalahan yang menyangkut dirinya. yang namanya hubungan persahabatan pasti hari demi hari akan semakin bertambah erat. lalu bagaimana cara menjaga persahabatan agar tetap utuh? mari kita simak pembahasannya disini.

  1. Jadilah seorang pendengar yang baik

Terkadang kita selalu ingin didengar, namun yang jadi permasalahannya disini, kita tidak bisa menyeimbangkan hal tersebut dnegan diri kita. Malah saat sahabat kita menceritakan segala persoalannya, kita telihat mengacuhkannya dna tidak ingin mendengarnya.

Hal ini lah yang akan membuat hancurnya hubungan persahabatan. Untuk itu sebagai sahabat yang baik jadilah pendengar yang baik untuk sahabat kita agar hubungan persahabatan tetap utuh.

  1. Saling jujur satu sama lain

Persahabatan itu sama hal nya dengan sebuah hubungan, sehingga perlu kejujuran di dalamnya. Dari hal kejujuran inilah yang nantinya akan menjadi pondasi utama di dalam hubungan persahabatan. Karena dnegan hal tersebut kita juga akan berusaha menghindari kesalahpahaman diantara sahabat.

  1. Minta maaf saat melakukan kesalahan.

Terkadang kita lupa untuk meminta maaf apabila kit sedang melakukan kesalahan, mungkin karena kita menganggap sahabat kita adalah orang terdekat yang sudah pasti akan memaklumi sifat kita. Padahal ini adalah salah besar. Sebaiknya saat kita sedang melakukan kesalahan ,segera minta maaf dan menyelesaikannya saat itu juga.

  1. Mengucapkan terimakasih.

Mengucapkan terimakasih sebenarnya adalah hal sepele namun akan sangat memiliki efek besar di dalam hubungan bersahabatan.  Sehingga dalam hal ini pun akan dapat mempengaruhi hubungan persahabatan agar tetap utuh nantinya. dengan besarnya pengaruh gaya hidup remaja saat ini memang akan semakin menghilangkan rasa sikap simpati dan empati, padahal sikap ini lah yang harus ditanamkan sejak dini.

Sponsors Link

  1. Saling menjaga rahasia.

Seperti kita ketahui, yang namanya hubungan persahabatan pasti akan saling memberitahukan keburukan masing- masing, sehingga sebagai sahabat yang baik, kita perlu menjaga kejelekan ataupun keburukan dari sahabat kita, hal ini juga bisa dapat memperat hubungan persahabatan, karena satu sama lainnya bisa saling dipercaya.

  1. Memelihara kepercayaan.

ads
Hubungan dan juga persahabatan sama-sama harus dijaga kepercayaannya. Sehingga dalam hal ini akan membuat hubungan persahabatan kamu akan tetap terjaga. Kamu harus bisa menjaga setiap rahasia temanmu sehingga akan saling memeprcayai satu dnegan yang lainnya.

  1. Melakukan liburan bersama

Di sela sela kesibukanmu tidak ada salahnya kamu untuk melakukan liburan bersama dengan sahabat kamu. kamu juga harus mencari cara menjadi pribadi yang menyenangkan. Hal ini juga yang nantinya akan membuat hubungann kamu semakin dekat dan juga erat. Dan persahabatan pun akan tetap terjaga nantinya.

  1. Saling menghargai satu dengan yang lain.

Sahabat memang orang yang paling dekat dengan kita, namun di saat dia membutuhkan saran jangan seseklai seperti ingin mengontrolnya, karena meski dia seorang sahabat dekat kita. Kita juga perlu menghargai segala jenis keputusan yang akan dia ambil. Sebagai sahabat yang baik kita cukup mengingatkan tentang sebuah kebaikan yang harus dia ambil. Dan tetap untuk menghargai apapun yang ingin di putuskan.

  1. Bersikap sabar.

Adakalanya sebagai seorang manusia kita berbuat kesalahan, dan juga sebaliknya, saat sahabatmu berbuat salah. Kita tentu harus tetap mengingatkannya. Apalagi masalah tersebut juga terjadi karena konflik diantara hubungan persahabatan kalian berdua. Dari sinilah hubungan persahabatan akan diuji.

Sebaiknya selalu bersikap sabar dalam keadaan apapun. Dan jangan malah seakan menguindari dari masalah, karena hal itu hanya akan membuat hubungan persahabatan kalian berdua menjadi renggang dan hancur.

  1. Komitmen

Komitmen di dalam persahabatan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Dari komitmen itu juga lah hubungan persahabtaan akan selalu bertahan. Karena layaknya seperti hubungan pada umumnya. Yang namanya komitmen ssangatlah penting untuk menjaga agar hubungan persahabatan tetap utuh.

  1. Selalu menjaga komunikasi

Komunikasi yang baik, akan sangat bisa diandalkan untk mempererat hubungan persahabatan, untuk itu dalam hal ini anda sebagai sehabat yang baik harus pula memiliki dan menjaga komunikasi dengan sahabat dnegan baik. Karena hal ini juga akan sangat membantu dalam emnjaga hubungan persahabatan. Saat terjadi masalah atau konflik pun sebaiknya segera mengkomunikasikan hal tersebut pada sahabat kita, karena dalam hal ini akan sangat mmebantu hubungan persahabatan kalian. apalagi jika kita mmeiliki sahabat dnegan jarak jauh, sehingga harus mencari cara menjaga persahabatan jarak jauh.

  1. Selalu ada untuk sahabat.

Bukan sahabat namaya jika kita selalu menghilang di saat moment penting yang berhubungan dengan sahabat kita. Apalagi saat sahabat kita sedang terkena masalah, kita juga lah orang yang harus selalu ada menemani dia dan tetap mensupport segala hal yang baik menyangkut dnegan dirinya. Sehingga sahabat kita pun akan merasakan ketulusan dari diri kita nantinya.

  1. Atasi malah secepat mungkin.

Saat terjadinya konflik atau sebuah masalah, sebaiknya jangan sesekali bersifat acuh dan malah seakan menghindar, sebaiknya anda segera mengatasi segala kesalahpahaman yang terjadi diantara kalian berdua, karena hal ini juga yang akan menjadi kunci hubungan persahabatan agar tetap utuh dan juga terjalin dengan baik. dan nnatinya juga akan menghindari gangguan psikologis remaja.

Dalam ulasan diatas juga kita bisa mempelajari begitu pentingnya sahabat di dalam kehidupan kita. dan menjaga persahabatan tersebut memang tidaklah mudah, karena harus adanya saling ketebukaan dan juga keinginan dari masing-masing individunya. sehingga akan sama untuk saling menjaga hubungan persahabatan tersebut.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial