Sponsors Link

11 Tujuan Survei Dalam Psikologi

Sponsors Link

Survey berasal dari kata  research dimana dalam hal ini memiliki arti mencari, dalam sebuah survey juga biasa dilakukan untuk pengumpulan data yang bisa berupa sebuah informasi atau sebuah sebuah karakter sekelompok pada responden pada penelitian yang ada.

ads

Menurut dari bahan estimologynya, survey juga merupakan kegunaan psikologi dalam ilmu terapan dimana dalam hal ini survey bisa diartikan sebagai kajian dari populasi baik itu dalam hal yang besar ataupun hal yang kecil.

Penelitian atau survey biasa digunakan sebagai cara untuk pengukuran untuk sebuah variabel dalam segala keseluruhan pupolasi untuk mengkaji sampel.

Margono (2005) biasa mendefinisikan sebuah metode dari penelitian psikologi tersebut yang bisa dilakukan agar bisa mendapatkan sebuah keterangan dalam suatu persoalan tertentu.

Dalam sebuah survey biasanya memiliki tujuan tertentu di dalamnya bisa juga tentang hal yang berkaitan dengan pencapaian generalisasi. sedangkan menurut Mulyana (2001) yang mengatakan bahwa survey merupakan proses pengumpulan data yang sangat banyak mengenai opini public dan juga mengenai ciri-ciri dasar penduduk.

Untuk berbagai pendapat yang dijelaskan tersebut bisa disimpulkan bahwa survey merupakan metode dalam sebuah penelitian yang biasanya mengkaji dalam sebuah populasi yang besar dan juga sampel populasi, biasanya untuk tujuan tertentu diantaranya dalam sebuah deskripsi, prediksi ataupun opini. namun tujuan lain yang bisa memiliki tujuan lain dalam psikologi sosial, diantaranya bisa dijelaskan dalam hal berikut :

  1. Melakukan pemecahan masalah.

Dalam sebuah survey biasanya dilakukan pengamatan, mulai dari orang yang melakukan survey dan juga klien yang dilakukan survey, sehingg jika terdapats ebuah masalah di dalamnya bisa dilakukan pemecahan masalah secara bersama, agar nantinya bisa untuk pemulihan dalams ebuah kondisi yang lebih baik lagi.

Dalam psikologi juga tujuan dari survey bisa dikatakan sebagai hal yang bisa dicarikan untuk sebuah jalan keluar yang baik.

  1. Melakukan identifikasi masalah

Tujuan survey dalam psikologi selanjutnya adalah dapat dilakukan dengan mengidentifikasi sebuah maslaah, karena dengan dilakukannya survey bisa diketahui mengenai cara identifikasi mengenai segala hal yang memang  berkaitan dengan klien, sehingga bisa dicarikan sebuah jalan keluar dalam pemecahan masalahnya.

  1. Dapat menghasilkan sebuah deskripsi

Untuk tujuan yang stau ini ebrhubungan denngan teknik survey yang biasanya dilakukan, dlaam sebuah penelitian deskriptif diantaranya dapat mendeskripsikan sebuah fenomena yang terdapat di dalamnya. Untuk hasil dari penelitian ini bisa digamblangkan sebuah hipotesa yang bisa diuraikan dengan sangat jelas

  1. Proses pengumpulan data

Di dalam survey juga bisa mendapatkan tujuan berupa pengumpulan data yang bisa diambil dari responden yang dilakukan pengamatan, dalam hal ini biasanya responden yang diambil penelitian bisa memebrikan berupa informasi yang nantinya akan dilakukan pengamatan untuk dilakukan survey. hal ini juga bisa berkaitan dengan jenis wawancara dalam psikologi


  1. Memberikan sebuah gambaran

Dalam hal ini survey dilakukan untuk bisa memebrikans ebuah gambaran tentangs esuatu yang bersifat deskriptif dan dalam pengumpulan data yang satu ini dilakukan wawancara dan juga observasi terlebih dhaulu, agar nantinya bisa mendpaatkan tujuan yang akan dicapai. Untuk survey yang satu ini biasanya menggunakan berbagai teknik speerti teknik statistik atau bisa juga dalam statistik deskripstif.

  1. Melakukan sebuah analisis

Untuk tujuan yang satu ini bisa dilakukan sebuah metodr survey analitik, yang emrupakan pengambilan smapel data  yang bisa menarik kesimpulan dna juga pengujian dalams ebuah hipotesa yang baik.

  1. Mendapatkan sebuah penjelasan atau Explanatory

Untuk tujuan drai dilakukan survey dalam spikologi yang ebrikutnya adalah agar bisa mendapatkan penjelasan dalam sebuah hubungan kausal dengan variabel-variabel dalam melakukan sebuah survey

  1. Melakukan evaluasi

Dalam hal ini evaluasi bisa dikatakans ebagai tujuan dari dilakukannya survey dalam psikologi, untuk tujuan yang sudah ada di dlaam program pencapaian biasanya memiliki tanda-tanda yang bisa dicapai di dlaamnya, sehingga untuk proses  selanjutnya bisa dilakukan dnegan cukup baik.

  1. Melakukan sebuah prediksi

Survey bisa dikaitkan dengan pencarians ebuah informasi yang tepat agar dalam proses pengunpulan data bisa berjalan dengan baik, untuk itu dalam hal ini bisa dilakukans ebuah prediksi yang tepats ehingga dalam fenomena sosial teretntu bisa dikatakan menjadi bagian yang paling terpenting juga.


  1. Pengembangan indikator sosial

Untuk dilakukannya survey-survey secara berkala memang bisa dikaitkan dengan pengadaan dilakukannya survey dalam masalah psikologi, hal ini juga berkaitan dengan psikologi sosial yang dilakukan, agar nantinya bisa mendapatkan data atau fakta yang memang sesungguhnya terjadi.

  1. Penelitian operasional

Survey yang dilakukan untuk emndpaatkan sebuah variabel yang berkaitan dnegan sebuah program yang dilakukan, mislanya mensejahterakan kelompok atau kehidupan lingkungan yang ada di dalam kehidupan psikologi lingkungan.

  1. Eksploratif

Untuk tujuan yang satu ini biasanya dilakuakan dengan penjajagan, dengan dilakukannya survey akan membuat proses penjajagan jauh lebih baik dan untuk prosesnya sendiri bisa dialkukan dengan cukup baik dan secara relevan.

Dengan dilakukannya survey dalam hal ini tentu saja di dlaamnya terdapat berbagai kekurangan dan juga kelebihan, bamun bisa ditujukan dengan cara pengambilan data atau informasi secara tepat, di dalam survey memang biasanya terdapat cara untuk meneliti dengan suatu pendapay atau juga sebuah perasaan dalam populasi yang diantaranya tidak mendalam, dan untuk yang satu ini juga biasanya berkaitan dengan populasi yang bisa dilakukan pengambilan data yang baik, namun dalam hal ini memang tidak terdapat jaminan untuk bisa menajwab semua penjelasan dalam proses pengambilan data.

Peran sebagai observasi bisa dilakukan dalam sebuah aktifitas yang mencakup lingkungan pengambilan data ataupun informasi, nmaun ada juga beberapa kelemahan  yang bisa terjadi, seperti diantaranya kesulitan untuk bisa membuat sebuah cattaan atau juga dalam hal ketidaknyamanan pada orang yang dilakukan proses pengambilan informasi tersebut.

Dalam proses pengambilan data atu survey juga dilakukan sebuah tahap umum yang dilakukan mislanya dengan melakukan penelitian berupa

  1. Dapat merumuskan sebuah masalah penelitian dna juga bisa mennetukan sebuah tujuan dalam survey
  2. Dapat menentukan sebuah konsep yang dilakukan dengan cara hipotesa serta menggali cara dalam hal kepustakaan
  3. Dengan dilakukannya survey juga bisa dijadiakn sebagai cara pengambilan sampel yang baik
  4. Dalam hal ini survey juga bisa dilakukan dalam pengolahan data yang baik
  5. Dapat dilakukan sebuah analisis dan juga pelaporan yang tepat

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial