Sponsors Link

13 Tujuan Intervensi dalam Psikologi Komunitas

Sponsors Link

Seperti kita ketahui, manusia merupakan mahluk sosial, dan dari sifat manusia yang satu ini tentunya bisa dilakukan pemisahan dirinya dengan orang lain ataupun yang ada di lingkungannya.

ads

Sehingga bisa dikatakan saling ketergantungan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya juga. di dalam hidupnya, manusia juga membutuhkan pengakuan yang memang bisa dilakukan secara pribadi dan juga sosial. dengan adanya sebuah kelompok tentunya bisa dijadikan sebagai upaya agar nantinya bisa mempertahankan hidup manusia secara biologis dan juga psikososial.

Psikologi komunitas bisa diartikan sebagai suatu bidang dalam sebuah ilmu psikologi yang di dalamnya terdapat kajian atau juga untuk mencapai sebuah tujuan yang pasti,dalam hal ini sebuah kesejahteraan komunitas.

Dalam psikologi komunitas sebenarnya banyak sekali hal yang mengacu pada sebuah bidang psikologi lainnya, seperti halnya yang berkaitasn dengan psikologi sosial, psikologi perkembangan, psikologi konsumen, aplikasi psikologi klinis dalam berbagai bidang dan juga sebagian dari psikologi kelompok)

Menurut para ahli pun psikologi sosial bisa mmeebrikan sumbangan yang emmang sangat bermanfaat untuk segala hal kemajuan dalam mensejahterakan kehidupan dalams ebuah komunitas meliputi berbagai intervensi yang dilakukannya, dan biasanya bersifat kolaboratif.

Dalam sebuah ilmu psikologi memang dilakukan pemberdayaan kelompok-kelompok dalam komunitas (Maton, 2004) dan untuk yang dinamakan intervensi kolaboratif bisa berartuiprevensi dan juga intervensi yang biasanya dialkukan secara bersama.

  1. Mengenalkan suatu pertumbuhan

Dalam hal ini intervensi memiliki tujuan dalam masalah pertumbuhan dan juga untuk pengembangan secara individu, untuk bisa mencegah dari munculnya suatu masalah atau berbagai konsisi permasalahan dalam kesehatan mental dan juga sosial di lingkungan masyarakat atau suatu komunitas, untuk itu dalam hal psikologi sosial dalam suatu intervensi memang harus lebih diutamakan lagi kedepannya.

  1. Membuat suatu format intervensi

Intervensi dalam psikologi komunitas juga memiliki beberapa tujuan, untuk yang berikutnya adalah mengenai format intervensi yang silakukan sesuai dan juga cepat dalam sebuah hubungan di dalam suatu masyarakat, sehingga memang perlu kesadaran dari masyaarakat itu sendiri agar bisa meyakinkan bahwa intervensi dalam psikologi komunitas bisa berjalan dengan cukup baik.

  1. Membuat hidup menjadi lebih baik

Dalam sebuah intervensi ada juga hal yang perlu diperhatikan salah satunya memungkinkan mereka yang memiliki sbeuah permasalahan dalam hidup namun harus tetap mendapat bantuan berupa semangat hidup yang jauh lebih baik dan juga dalams ebuah komunitas di dalam suatu perubahan yang cukup meyakinkan agar tetap bisa mendapatkan suatu dukungan

  1. Mengevaluasi kebijakan

Dengan intervensi bisa memberikan sebuah masukan termasuk di dalamnya dalam sebuah penciptaan evaluasi ke arah dalam suatu kebijakan dan juga adanya program yang bisa membantu masyarakat, agar nantinya bisa mengontrol berbagai tekanan yang masuk dan juga muncul dari sebuah aspek dan juga lingkungan yang bisa terorganisir untuk bisa memunculkan suatu penyelesaian permasalahan yang tepat dan juga mmeiliki unsur kebersamaan di dalam sebuah kelompok.


  1. Menilai adanya suatu kebutuhan

Setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang bisa dikatakan sebagai suatu lingkungan dalam sbeuah komunitas yang akan memebrikan dan juga mengetahui dalam emngenali adanya masalah yang terjadi dan juga muncul, agar nantinya bisa mengatasi terjadinya suatu masalah di dalam psikologi lingkungan suatu masyarakat atau adanya komunitas.

  1. Penerapan jalan efektif

Di dalam hal pembelajaran yang baik, biasanya kita juga bisa menerapkan dari berbagai jalan atau sebuah kondisi yang jauh bisa lebih efektif dengan adanya keadaanpenyesuaian dengan populasi untuk bisa hidup secara jauh lebih baik atau lebih produktif lagi, tentunya di dalam lingkungan komunitas dna juga untik di masyarakat nantinya.

  1. Sebagai fungsi riset

Dalam perspektif psikologi komunitas tentu bisa dilakukan berbagai cara atau riset serta fungsi nya agar bisa jauh lebih berkembang dan juga dalam teori yang diberikan bisa mendapatkan kebijakan yang lebih baik, fungsi dari riset adanya psikologi komunitas bisa juga berkaitan dengan hubungan psikologi komunitas dengan psikologi klinis sehingga secara kehadiaran emmang harus lebih ditekankan pada sisi psikologi seseorang dalam hubungannya dengan komunitas yang ada di dalam hidupnya.

  1. Meningkatkan kerjasama dalam peningkatan kehidupan

Selain dari apa yang sudha disebutkan diatas kita juga bisa lebih paham mengenai tujuan dari intervensi lainnya yang dapat meningkatkan suatu kerjasama dalam peningkatan suatu kehidupan di dlaam unsur kehidupan masyarakat. Dalam hal ini juga psikologi komunitas akan sangat mempengaruhi mengenai peningkatakn kehidupan ke arah yang jauh lebih baik baik lagi.


  1. Memberikan wawasan

Wawasan yang dan juga dalam kesadaran yang ditampilkan untuk sesuatu yang bersifat lebih baik dalam hal ini, dan untuk yang satu ini bisa juga untuk meningkatkan perilaku di dalam kehidupan masyarakat yang terkadang dilupakan oleh sebagian orang di lingkungan.

Peran wawasan juga sangat penting dalam kehidupan sosial, tidka hanya bergantung pada sbeuah peranan komunitas saja, sehingga bisa sama-sama saling paham dan mengerti peranan masing-masingnya.

  1. Lebih realistis dalam memenuhi kebutuhan

Dalam sangkut pautnya dengan psikologi komunitas, memang bisa memberikan sisi realistis di dlaam kehidupan masyarakat dna juga lingkungan di dlaam psikologi komunitas, sehingga menajdikan seseorang agar bisa membuhi kehidupan dririnya sendiri dalam hal yang bisa jauh lebih baik lagi.

  1. Menyadari kemungkinan yang terjadi

Tujuan lainnya dalam intervensi ini bisa menyadari seseorang atau kelompok untuk bisa paham dan juga mengetahui mengenai segala kemungkinan apapun yang bisa saja terjadi, dalam hal ini kemungkinan tersebut untuk bisa merangsang kehidupan seseorang di dalam anggota atau komunitasnya.

Untuk itu sebelum mengetahui segala kemungkinan yang terjadi emmang dibutuhkan pemahaman yang lebih banyak mengenai psikologi klinis yang di dalamnya biasanya berkaitan dengan kehidupan psikologi komunitas.

  1. Mengeskplorasi kehidupan

Untuk bisa mengetahui tujuan lainnya dalam intervensi ini adalah sebagai eksplorasi kehidupan yang bisa membangkitkan seseorang dalam arahan yang lebih baik, sehingga intinya dalam tujuan psikologi komunitas ini memberikan perkembangan bagi suatu yang dicarinya.

Misalnya saja dalam pengambilan data ketika akan melakukan wawancara. kita sebagai pewawancara harus bisa mengetahui atau pun mencari tahu mengenai narasumber yang akan kita wawancara, sehingga nantinya akan jauh lebih mudah dalam proses pengambilan datanya.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial