Sponsors Link

Kecanduan Game Sebagai Gangguan Mental: Ciri-ciri, Penyebab dan Penangannya

Sponsors Link

Perkembangan layanan internet dan perubahan jaman seperti sekarang ini memang membawa banyak sekali perubahan, khususnya untuk pecinta game online. Tidak jarang mereka yang menyukai permainan ini selalu menghabiskan waktunya setiap saat hanya dengan bermain game. Tidak hanya anak muda saja yang menyukai aktivitas permainan game online ini, bahkan jenis permainanya sendiri sudah cukup sering dilakukan oleh hampir seluruh kalangan. Dari anak- anak, anak muda sampai dengan orang dewasa. Bahayanya jenis game ini memang membuat anak- anak menjadi malam belajar, sehingga kegiatan belajarnya pun akan sangat terganggu semenjak kehadiran game online ini.

ads

Setiap tahunnya peminat game online ini memang semakin mengalami banyak perkembangan, bahkan bisa dikatakan cukup meningkat jauh lebih tinggi di masa- masa seterusnya. Hal ini tentu membuat para perusahaan game online malah semakin diuntungkan, tapi mereka tidak sadar bahaya akan kecanduan game yang satu ini. Sebenarnya tidak begitu masalah bagi yang suka bermain game, tapi yang menjadi permasalahannya disini adalah orang- orang yang tidak dapat mengontrol waktunya, sehingga dalam melakukan permainan ini tidak dibatasi dan sesuka hatinya hal ini pastinya akan sangat mengganggu aktivitas hariannya. Berikut ciri- ciri orang yang sudah terkena kecanduan game:

  • Seseorang yang kecanduan game pada umumnya akan selalu menghabiskan waktunya dengan bermain game, baik di hp maupun di computer, bahkan orang tersebut juga akan sulit mengontrol waktu untuk dirinya sendiri.
  • Merasa gelisah jika tidak bermain.
  • Lebih memilih bermain game daripada berkumpul dengan para sahabat. Karena jika seseorang sudah kecanduan dengan yang namanya game pasti akan kesulitan untuk membagi waktu, bahkan prioritas utamanya hanya untuk melakukan permainan ini. Anda pun nantinya akan kehilangan moment bersama keluarga dan para sahabat.
  • Lebih memprioritaskan bermainan game daripada yang lain. Hal ini pasti merupakan ciri- ciri orang yang sudah terlalu parah kecanduan game, karena dirinya malah lebih memprioritaskan bermain game dibandingkan dengan hal penting lainnya.
  • Munculnya migraine di kepala juga merupakan salah satu ciri orang yang sudah kecanduan game, karena hal ini juga bisa jadi disebabkan oleh terlalu lamanya melihat layar computer, sehingga saluran dan edaran darahnya menjadi terganggu.
  • Terkena insomnia merupakan salah satu ciri lainnya kamu sudah kecanduan game. Karena setiap harinya hanya memprioritaskan bermain game dibandingkan sekolah, dan hal ini pun akan membuat aktivitas semakin terganggu bahkan waktu tidur pun akan semakin berkurang.

Banyak yang menyatakan juga bahwa seseorang yang sudah kecanduan game sangat parah bisa dikatakan memiliki gangguan mental. Bahkan dalam kecanduan bermain ini juga bisa menjadi dampak psikologis penggunaan gadget yang cukup parah. Bermain tanpa mengenal waktu pastinya tidak akan memiliki nilai positif apapun, bahkan hanya ada efek negatif yang bisa dimilikinya, yaitu kecanduan game yang sangat amat parah. Sebenarnya memang sudah cukup banyak penelitian dan juga riset yang dilakukan mengenai bahaya permainan game yang dilakukan. Kecanduan game juga tidak jarang merupakan penyimpangan psikologis yang mungkin terjadi, karena sesuatu apapun yang dilakukan dengan cara berlebihan memang efeknya sangat tidak baik.

Penyebab Seseorang Kecanduan Game

Bagi para peminat game online, bermain game memang sangatlah menyenangkan, tapi tidak jarang jenis permainan yang satu ini dapat membuat seseorang menjadi kecanduan yang berlebihan, bahkan jika tidak ditangani secara serius malah akan sangat berbahaya bagi mereka. Sebenarnya penyebab kecanduan game online ini memang cukup bervariasi, diantaranya akan kami jelaskan dibawah ini:

Game Selalu Berkembang dan Tidak Ada Habisnya.
Seperti kita ketahui, pengaruh game terhadap mental anak anak memang cukup berbahaya, khususnya untuk anak- anak yang sudah kecanduan parah. Sebenarnya ada banyak penyebab seseorang kecanduan diantaranya game selalu mengalami perkembangan dan tidak ada habisnya. Jika dahulu game ada beberapa level tingkatan dan akan habis jika anda sudah masuk pada level tertinggi, berbeda dengan jenis game saat ini yang punya banyak fitur, sehingga tidak akan pernah selesai, hal ini lah yang menjadi penyebab orang menjadi kecanduan dan terus penasaran.

Para Gamers Berkumpul Dalam Satu Interaksi Media Sosial
Daya tarik berkumpulnya para gamers di aplikasi chat yang biasanya disediakan menjadi daya tarik tersendiri, sehingga hal ini menjadi komunitas yang besar dan membuat seseorang sulit untuk berhenti bermain.

Memiliki Tantangan Tersendiri
Dalam permainan sendiri memang sebenarnya merupakan sesuatu yang menghibur dan tidak membosankan, hal ini lah yang menjadi tantangan tersendiri dan membuat penggemarnya terus penasaran untuk menaklukan level.


Memiliki Banyak Bentuk Emosi
Tantangan yang ada di dalam game pastinya menciptakan emosi tersendiri, mulai dari cemas, tegang, marah bahkan bahagia, hal ini juga lah yang membuat gamers sulit untuk berhenti bermain. Untuk mereka yang sudah kecanduan game ini bukan tidak bisa dihentikan atau cara diatasi, karena da juga beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

Memiliki Niat yang Kuat
Hal pertama adalah dengan memiliki niat yang kuat untuk bisa mengatasi masalah kecanduan game yang satu ini, sehingga jika kita sudah niat pada sesuatu hal akan jauh lebih mudah.

• Mengenali Pemicu
Untuk mereka yang sudah kecanduan parah bisa juga dengan mengenali pemicunya terlebih dahulu, caranya sendiri bisa dengan mencari cara mengatasi kecanduan internet atau permainan game, sehingga setelah diketahui pemicunya akan jauh lebih mudah berhenti.

• Lakukan Hobi yang Lebih Bermanfaat
Permainan game pastinya bisa juga menjadi hobi bagi mereka yang suka dengan permainan ini, sehingga akan kesulitan mencari hobi lainnya yang memang mereka sukai. Namun perlu anda ketahui juga sebelum anda kecanduan game, pastinya ada hobi lainnya yang sering dilakukan, nah untuk itu anda bisa mengalihkan kecanduan game ini dengan hobi lain yang bisa dilakukan.

• Mengurangi Pengeluaran Untuk Bermain Game

Memang mengatasi kecanduan game ini tidak bisa dilakukan dengan cepat, karena perlu tahapan- tahapan yang memang dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengurangi budget atau pengeluaran untuk bermain game. Sebaiknya anda coba untuk mengurangi atau alokasikan budget untuk keperluan yang jauh lebih bermanfaat saja.

Nah, berikut ulasan kecanduan game sebagai gangguan mental yang bisa anda lakukan. Karena yang namanya kecanduan berlebihan memang tidaklah baik, hal ini juga bisa menyebabkan gangguan jiwa akibat sosial media dan juga game online yang bisa terjadi.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial