Sponsors Link

13 Faktor yang Mempengaruhi Adaptasi dalam Psikologi

Sponsors Link

Adaptasi di dalam psikologi merupakan kemampuan dari setiap individu agar bisa melakukan penyesuaian diri pada suatu tempat atau lingkungan yang menurutnya bagi dipandang sebagai suatu hal yang baru. selain itu adaptasi juga mmeiliki pengertian sebuah penyesuaian diri dalam mengubah diri sesuai dengan keadaan lingkungan, tetapi juga mengubah lingkungan sesuai dengan keadaan (keinginan diri) ( W.A. Gerungan, 1996)

ads

Pengertian lain menurt soeharto heerdjan (1987) yang mengatakan bahwa penyesuaian diri adalah usaha atau perilaku yang tujuannya mengatasi kesulitan dan juga hambatan, adaptasi  bisa dikatakan juga sebagai respon yang terjadi pada tingkatan stress, dilakukan sebagai suatu perbaikan yang dapat mengubah lingkungan internal. di dlaam adaptasi juga bisa termasuk di dalamnya penstabilan biologis internal dan juga psikologis lainnya.  namun dalam hal ini juga dipandang sebagai sesuatu yang positif

Di dalam suatu adaptasi juga terdapat dengan yang namanya urutan elemen, dimana elemen tersebut menurut suster callista roy (1969) diantaranya:

  • Lingkungan, dalam penggambaran lingkungan ini merupakan suatu input dalam psikologi sosial yang bisa dikatakan jauh lebih luas dan adaptif, namun jika didefinisikan juga bisa dikatakan sebaagi suatu kondisi ataupun suatu keadaan di dalamnya dapat mempengaruhi suatu keadaan, dalam suatu kondisi, keadaan yang dapat mempengaruhi perkembangan dan juga perilaku manusia.
  • Manusia, manusia merupakan sebuah sistem adaptif, dimana di dalamnya dapat digambarkan secara holistik dan bisa dilakukan sebagai suatu kesatuan yang memiliki input, kontrol, output dan juga proses umpan balik. di dalamnya juga terdapat proses kontrol yang didefinisikan pada sebuah sistem adaptif dengan sebuah aktivitas kognator dan juga dalam mempertahankan adaptasi tersebut.
  • Kesehatan, secara tidak langsung yang namanya kesehatan dapat mempengaruhi kondisi yang dapat digunkan sebagai kelengkapan hubungan adaptasi/ sebuah adaptasi yang bebas juga dapat mengizinkan manusia melakukan respons pada situmulus yang lain (nursalam,2008)

Selain dari beprbagai elemen tersebut ada pula yang dinamakan dengan faktor yang mempengaruhi adaptasi dalam psikologi, diantaranya:

  1. Faktor orientasi pada tugas

Hal tersebut bisa dikatakan sebagai koping yang bisa dipakai sebagai cara untuk mengatasi sebuah masalah yang dilakukan dengan sebuah proses penyelesasian, dalam hal ini bisa termasuk di dlaamnya hal afektif atau perasaan, kognitif dan juga psikomotor. Dalam suatu reaksi ini memiliki cara bisa dilkaukan dengan melakukan komunikasi yang baik mengenai permasalahan tersebut.  dalam hal ini reaksi tersebut bisa termasuk sebuah cara untuk mencari jalan keluar mengenai suatu keadaan yang dapat dilakukan dengan kekuatan.

  1. Faktor orientasi pada ego

Dalam hal ini adaptasi bisa dikatakan sebagai cara untuk melakukan pertahanan diri secara psikologis, dimana dengan melakukan hal tersebut dengan tujuan agar tidak menganggu jenis psikologis lainnya. Factor ego juga perlu ditelaah dan juga dilakukan dengan baik, agar lebih memudahkan anda dalam melakukan adaptasi terhadap keadaan ataupun lingkungan.

  1. Kondisi fisik

Kondisi fisik juga bisa mempengaruhi dari proses adaptasi secara psikologis, karena jika seseorang memiliki kondiis fisik yang baik, tentu orang tersebut akan jauh lebih mudah untuk melakukan adaptasi, namun sebaliknya jika seseorang tersebut mmeiliki kondisi fisik yang kurang baik, tentu hal tersebut akan sangat mengganggu dan malah memperlambat dari proses adaptasi.

  1. Kepribadian

Kepribadian tentu memiliki peranan yang cukup krusial dalam melakukan proses adaptasi, karena di dalam kepribadian seseorang tentu memiliki sifat dan juga kebiasaan yang berbeda-beda. Orang tersebut juga memiliki kemampuan adaptasi yang tentunya berbeda-beda, dan akan sangat mempengaruhi dari cepat atau lambatnya dalam melakukan adaptasi.


  1. Proses belajar

Segala hal sesuatu dimanapun tentunya bisa dilkaukan dengan melakukan rentetan proses belajar baik, jika kita sebagai manusia bisa melalui proses belajar tersebut dengan baik, tentu akan terlihat lebih mudah untuk melakukan adaptasi, namun sebaliknya jika kita tidak mampu untuk menyelesaikan proses belajar tersebut malah akan sangat berpengaruh pada proses belajar kita sendiri.

  1. Lingkungan

Lingkungan yang baik merupakan cerminan dari suatu keadaan yang akan dengan mudah dalam melakukan adaptasi, namun jika lingkungan yang kita tinggali memiliki keadaan atau kondisi yang kurang baik tentu akan lebih menyulitkan kita untuk melakukan adaptasi dengan tepat, sehingga yang namanya lingkungan sangat mempengaruhi dari seseorang tersebut bisa dengan mudah melakukan adaptasi ataykah tidak.

  1. Agama dan budaya

Psikologi Agama merupakan patokan yang sangat jelas dalam mempengaruhi adaptasi secara psikologis, karena di dalam sebuah lingkungan psikologis agama yang baik, kita akan jauh lebih mudah untuk melakukan adaptasi, baik dari adaptasi lingkungan maupun adaptasi dengan keadaan yang cukup sulit. Hal tersbeut juga bisa sangat mempengaruhi kondiis psikologi seseorang di dalam kehidupan social.

  1. Usia

Usia merupakan sebuah ukuran dari seseorang yang bisa melakukan adaptasi dengan baik, dari kematangan usia contohnya, tentunya kita memiliki kekuatan dan cara berfikir yang matang, apalagi di dalam suatu lingkungan masyarakat juga menjadi ukuran dalam penentu tingkat kepercayaan seseorang, dengan usia yang matang akan menjadi penentu juga kematangan jiwa seseorang, untuk itulah kita bisa memiliki adaptasi dna juga kemampuan yang baik dalam sebuah situasi, dan akan jauh lebih mudah untuk mempelajari sesuatu hal yang baru.


  1. Psikologi pendidikan

Faktor pendidikan juga bisa mepengaruhi dari adaptasi sesorang, mislanya saja pada seseorang yang mmeiliki pendiidkan tinggi biasanya akn jauh lebih mudah untuk menerima informasi, shingga hal tersebut juga bisa sangat mempengaruhi diirnya untuk bisa menyesuaiakn diri dengan lingkungan, misalnya saja jika kita seorang ibu akan jauh lebih mudah menjalani peran sebagai ibu dan juga tempat belajar pertama anak, namun sebaliknya pada ibu yang tidak memiliki pendiidkan yang kurang akan jauh lebih sulit untuk memberikan pengajaran yang baik pada anak.

  1. Pekerjaan

Di dalam sebuah pekerjaan terdapat ebrbagai kegiatan , di dlaamnya juga tedapat profesi,  faktor koginisi dalam motivasi dan juga jabatan, apabila status pekerjaan kita rendah tentunya akan snagat memiliki pengaruh pada pengetahuan seseorang, namun jika pekerjaan yang kita miliki baik, akan lebih memudahkan melakukan pekerjaan dan pengembangan yang bisa lebih bermanfaat.

  1. Faktor pengalaman

Pengalaman merupakan guru yang baik, dengan pengalaman jugalah kita bisa beradaptasi dengan baik pada sebuah kondisi atau lingkungan, sehingga semakin banyak pengalaman orang trsebut akan semakin banyak pula pengalaman yang dimilikinya. Dan tentunya akan sangat mempengaruhi dari kehidupan orang tersebut.

  1. Supresi

Dalam hal ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah, cara sendiri dengan menekan adanya maalah tersebut  yang tidak bisa kita terima dengan baik sehingga tidak memilikirkan hal yang kurang menyenangkan.

  1. Faktor cara berfikir

Setiap orang memiliki cara berfikir yang berbeda-beda. Dalam hal ini  konsep berfikir  di dalam psikologi juga termasuk ke dalam pemikiran seseorang tentu akan sangat mempengaruhi apakah orang tersebut bisa melakukan sesuatu dengan baik ataukah tidak, dan tentunya dengan cara berfikir tersebut akan mempengaruhi juga cara adaptasi seseorang pada sebuah kondisi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial