Sponsors Link

13 Cara Menghilangkan Rasa Was-was dan Takut

Sponsors Link

Rasa was was atau ketakutan memang merupakan sebuah perasaan yang sangat lumrah bisa dirasakan setiap orang.  rasa takut atau was was bisa saja berupa sebuah perasaan takut kehilangan atau juga ketakutan. dengan adanya perasaan tersebut memang bukan berarti anda orang yang lemah, namun perasaan tersebut merupakan sebuah naluri yang tentunya dapat dirasakan oleh semua manusia. rasa takut biasanya berhubungan dengan trauma, sehingga kita pun harus mengeahui terlebih dahulu cara mengatasi trauma berkepanjangan.

ads

Dengan adanya perasaan takut tersebut memang bisa memunculkan sebuah perasan dalam melindungi diri dari sebuah ancaman atau bahaya yang akan terjadi. perasaan takut memang bisa terjadi pada siapapun, namun meski begitu jika kita memiliki perasaan takut yang berlebihan tentu bisa berdampak sangat buruk. lalu bagaimana cara mengatasi perasaan was was tersebut?

Seperti kita ketahui setiap orang memiliki pola pikir pada berbagai karakter yang terjadi pada hidupnya, salah satunya mengenai cara seseorang untuk mengatasi rasa takut atau was was yang sedang dialaminya, meskipun kita tidak dapat merubah cara berfikir kita saat ini maupu di masa lampau damun anda tentu bisa memotivasi diri kita agar biesa menghiangkan sebuah perasaan kecemasan atau was was yang ada di dalam diri, sehingga kita pun harus mengetahui cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan dengan tepat agar bisa menghilangkan perasaan tersebut. diantaranya:

  1. Menenangkan diri sejenak

Agar perasaan takut dan juga was was yang anda alami hilang, tentunya anda mmebutuhkan fikiran yang tenang dalam mengatasinya. Untuk itu hal pertama yang sangat penting dilakukan adalah dengan menenangkan diri anda dan juga mental yang dimiliki. Caranya sendiri bisa dengan menarik nafas dalam-dalam atau bisa dengan meminum secangkir air putih dan dengan mengalihkan suatu pandangan anda dari hal yang membat rasa takut muncul.

  1. Mengetahui pemicu rasa takut

Agar dapat menghilangkan perasaan takut dna juga was-was memangs ebaiknya anda mengetahui terlebih dhaulu apa saja yang menjadikan pemicu perasaan takut dan juga was was yang ada pada diri anda, cara tersebut juga dikatakan cukup ampuh dalam menangani dan juga mengurangi perasaan takut dan juga was was yang ada di dalam diri anda, dengan mengetahui apa yang menjadi pemicunya pun bisa anda jadikan sebagai cara mengurangi gejala was was dan ketakutan yang dialami, hal ini lebih baik dilakukan daripada terus menghindar yang malah menyebabkan semakin parah.

  1. Memiliki kepercayaan diri

Untuk menghadapi rasa was was dan takut tentu tidak bisa dilakukan secapat kilat, anda juga butuh proses dalam melakukannya,  dan mencari cara meningkatkan kepercayaan diri dan berani. satu hal yang perlu anda ketahui, dengan memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi tentunya bisa membantu anda mempercepat proses menghilangkan rasa takut dan juga was-was yang ada di dalam diri anda.  sebaiknya jangan pernah menghindari rasa takut tersebut, karena dengan menghindarinya malah akan membuatnya semakin serius dan bertambah parah. Ada baiknya juga anda melawan perasaan tersebut sehingga pada akhirnya akan membuat perawaan was was dan takut pada diri anda hilang.

  1. Membayangkan hal buruk

Dengan membayangkan berbagai hal buruk yang terjadi tentunya bisa membantu anda lebih realistis dalam menghadapi berbagai hal, termasuk menghadapi perasaan takut dan juga was was tersebut. selain itu cara tersebut juga disinyalir sangat ampuh untuk meningkatkan perasaan cemas dan juga mendorong dalam menghadapi perasaan tersebut.


  1. Berfikir positif

Ketakutan dan was was yang dialami seseorang bisa berawal dari sebuah bayangan komponen fikiran negative, dimana bayangan dan fikiran tersebut secara terus emnerus meneror diri anda dan membuat anda merasakan hal yang semakin takut dalam menghadapi perasaan takut dan juga was was tersbut. Untuk itu dengan meyakini bahwa apa yang terjadi pada diri anda akan baik-baik saja bisa membantu menghilangkan hal buruk tersebut, dan tenunya bisa membantu anda menjadi lebih kebal terhadap tekanan dan rasa was was yang datang pada diri anda tersebut.

  1. Mengendalikan tingkat stress

Seringkali perasaan takut dan juga stess itu datang secara beriringan, sehingga hal tersebut malah akan semakin menyulitkan anda dan memperparah rasa takut yang terjadi. Untuk itu hindari perasaan takut yang memang dirasa berlebihan, agar rasa stress yang ada pada diri anda tersebut pun akan hilang dan berkurang, anda juga bisa menyibukan diri anda dengan melakukan hal positif misalnya berolahraga, menulis, atau relaksasi.

  1. Meyakini diri bahwa tidak ada yang sempurna

Kenyataan memang tidak seindah apa yang kita bayangkan, seperti kenyataan mengenai menangani perasan takut dna juga was was pada diri anda, untuk itu dengan menerima kenyataan tentunya akan lebih memudahkan anda dalam menerima dan juga menghadapi perasaan takut yang terkadang datang menghampiri, untuk itu fikirkanlah sesuatu dengan cara yang wajar saja dan jangan terlalu berlebihan.

  1. Mintalah bantuan

Dengan mengekspresikan perasaan takut kita tentunya bisa membantu kita dalam mengendalikan emosi yang datang, hal tersebut juga bisa membantu diri sendiri dalam mengenali dan juga mengurangi efek dari rasa takut dan juga rasa was-was yang terrjadi pada diri anda,  di dalam aspek psikologi sosial apabila dengan membicarakan hal tersebut dengan orang dekat tidak bisa membantu anda, sebaiknya jangan pernah takut untuk minta bantuan pada orang yang memang lebih profesioanl dalam mengehadapi hal tersebut, misalnya pada psikolog dna psikiater.

  1. Hindari hal-hal yang memperparah perasaan was-was

And ajuga perlu mengetahui ebrbagai hal yang akan menjadi pemicu dai perasaan tersbeut, mislanya merokok dna juga minuman alcohol, karena dnegan mengkonsumsi rokok dan minuman alcohol malah akan semakin membuat diri anda menjadi lebih merasakan hal tersbeut, sebaiknya lakukan istirahat yang cukup agar bisa mengurangi perasaan tertekan tersebut.

  1. Menggunakan aroma terapi

Menggunakan dan menghirup aroma trapi memang etrbukti dapat membuat fikiran anda jauh lebih rileks, hal tersebut juga memang snagat ampuh dalam menghilangkan perasan takut dan juga was was yang terkadang muncul pada diir anda, dnegan aroma terapi perasaan anda pun akan menjaid tenang, santai dan juga daman sehingga adanya emosi atau amarah yang terjadi pada diri anda akan hilang dengan sendirinya.


  1. Berjalan-jalan sejenak

Saat and amulai meraskaan perasan takut dan juga was was sebaliknya lakukan teapi ini namun tetap didampingi oleh orang tedekat. Berjalan-jalan diketahui bisa membuat fikiran anda jauh lebih tenang, dan membuat fikiran anda teralihkan dengan melihat lingkungan sekitar. Tidak harus pergi jauh, anda cukup melakukan jalan-jalan ke sekitar komplek atau ke taman hiburan yang tentunya menjadikan anda lebih tenang dan berfikir lebih positif.

  1. Meditasi

Meditasi memiliki fungsi yang hampir sama dengan aroma terapi, karena dengan melakukan emditasi akan membuat fikiran and ajauhlebih tenang, anda pun bisa membuta fikiran anda menjadi lebih focus pada satu hal, sehingga pikiran negative akan pergi dan digantikan dengan fikiran yang positif, serta kepercayaan diri anda pun akan timbul

  1. Berdoa

Aktivitas spiritual atau berdoa tentu bisa dijadikan sebagai cara yang sangat ampuh agar bisa menghilangkan perasaan takut dan juga was-was pada diri anda. dengan cara tersbut juga anda menjadi lebih dekat dengan sang pencipta dan membuat diri anda menjadi seseorang yang lebih ikhlas dan dijauhkan dari rasa cemas atau was was yang terkadang datang menghampiri.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial