Sponsors Link

12 Cara Mengatasi Depresi Ekonomi

Sponsors Link

Depresi akibat permasalahan ekonomi memang bisa terjadi pada siapapun, termasuk diri Anda sendiri. Terutama dengan semakin meningkatnya kebutuhan setiap orang , namun tidak dibarengi dengan pendapatan atau penghasilannya Terkadang membuat seseorang tersebut menajdi cukup stress, merawa khawatir dan juga cemas.

ads

Apalagi yang namanya kebutuhan tentu harus dipenuhi dengan segera. Khusus untuk anda yang sudah memiliki keluarga tentu saja yang namanya kebutuhan akan semakin bertambah, tidak hanya kebutuhan untuk diri sendiri namun kebutuhan lain seperti kebutuhan anak, kebutuhan rumah dan juga kebutuhan hidup sehari-hari. Sehingga jika tidak dicari penyelesaiannya malah akan membuat batin dan diri anda merasa sangat tertekan. salah satunya dengan psikologi keluarga.

Stress dan depresi memang sesuatu yang tidak dapat dihindari di dalam kehidupan, sehingga tentunya kita harus menanggapai hal semua itu dengan energy yang positif, agar nantinya tidak pusing sendiri untuk menjalaninya. Depresi sendiri bisa dikarenakan berbagai alasan, seperti stress akibat masalah dengan keluarga, masalah pekerjaan sampai dengan masalah ekonomi atau depresi.

Sehingga mau tidak mau apapun yang sedang kita rasakan memang harus kita cari jalan keluar dan juga penyelesaian yang terbaik. Untuk saat sekarang ini emmang semakin banyak tekanan hidup yang harus dilalui, salah satunya depresi karena masalah ekonomi. Sehingga agar tidak berlarut-larut tentu harus dicari penyelesaiannya.

1. Lakukan hobi yang disukai.

Melakukan hobi yang memang benar-benar kita sukai merupakan suatu hal yang sangat menyennagkan, apalagi jika kita sedang dalam keadaan stress masalah ekonomi, dengan melakukan hal yang memang kita sukai sementara waktu ternyata bisa juga menghilangkan rasa depresi dan juga stress pada diri anda.

Sehingga setidaknya bisa Mengurangi rasa stress yang ada di dalam diri anda, bahkan pada sebagian orang bisa membuatnya jauh lebih bersemangat lagi untuk kedepannya.

2. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara agar bisa menghilangkan diri anda dari rasa stress dan juga bisa membersihkan pikiran menjaid lebih jauh jernih dan juga jauh lebih positif lagi.

Dengan meditasi juga and abisa mudha untuk berkonsentrasi, dengan cara yang satu ini juga ternyata bisa menyembuhkan gangguan depresi yang seringkali datang pada diri seseorang, sehingga bisa mencegah penyakit lainnya datang.

3. Mencari teman untuk bicara

Saat anda tengah merasa depresi, khususnya karena masalah ekonomi, sebaiknya jangan pernah sendirian, Karen ahal tersebut malah akan semakin membuat anda lebih terpuruk lagi, cobalah berbagai cerita pada seorang teman sehingga nantinya bisa meringankan gejala depresi yang sedang anda alami.

Bicaralah emngenai apa yang sedang anda rasakan saat ini, termasuk karena masalah ekonomi yang sedang terjadi pada diri anda, dengan curhat atau cerita dengan teman memang tidak akan menyelesaikan masalah keuangan anda, namun setidaknya bisa membuat pikiran menjaid jauh lebih tenang dan sedikit lebih nyaman.


4. Pergilah keluar rumah

Saat anda tengah dalam keadaan depresi atau sedang meras stress berat sebaiknya jangan berdiam diri di rumh, karena malah akan semakin membuat batin anda semakin terpuruk, dan nantnya membuat gangguan depresi yang anda alami malah semakin parah. Cobalah seskali untuk mmebuka diri anda, cari sesuatu yang memang bisa membuat diri anda bisa menikmati segala ketannagan dan juga kesenangan.

Cobalah untuk keluar rumah sementara waktu, misalnya dengan pergi ketaman menghirup udara segar atau sekedar hanya untuk merileksasikan otak anda sementara waktu.

5. Membaca buku

Membaca buku ternyata sangat bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami stress, baik itu stress Karen pekerjaan ataupun stress yang diakibatkan karena masalah ekonomi. Dengan membaca buku-buku yang lucu juga sebenarnya bisa menghibur diri anda dan juga mebuat suasana hati emnajdi jauh lebih baik lagi, sehingga bisa dijaidkan sebagai cara mengatasi stress dan depresi ringan juga yang Terkadang terjadi pada setiap orang.

6. Olahraga yang teratur

Olahrga memang akan membuat tubuh anda menajdi sehat dna juga kuat, selain itu dengan olahrga tertur juga ternyata bisa membuat gangguan depresi yang sedang and alami menjadi jauh lebih baik.

Untuk itu anda bisa melakukan olahraga dengan teratur setiap hari, misalnya dengan berjalan santai di komplek atau sekedar untuk melakukan olahraga ringan lainnya. sehingga cara psikologi sosial yang satu ini bisa merubah pikiran kita jauh lebih positif.

7. Lakukan konseling

Untuk anda yang sudah terlihat cukup mengalami depresi karenabeban ekonomi sebaiknya segera lakukan konseling dna juga terapi ke psikolog, cara ini juga setidaknya bisa meringankan semua beban depresi yang terjadi pada diri anda.

Dengan melakukan konseing pada terapis yang tepat juga ternyata mampu membuat perasaan seseorang emnajdi jauh lebih tenang dna juga bisa berfikir jauh lebih positif lagi. Anda juga bisa menemui psikilog yang sudah berpengalaman untuk meringankan gejala depresi yang sednag anda alami tersebut.

8. Memelihara tanaman

Dengan memelihara tanaman ternyata bisa membuat stress yang dialami menajdi jauh lebih baik, tanamna memiliki kekuatan alami yang bisa membuat fikiran kita menjadi jauh lebih tenang, cara ini juga biasa dijaidkan sebagai salah satu terapi untuk menghilangkan stress setiap hari di rumah. Anda bisa memilih tanamna-tanaman yang membuat persaan anda tenang seperti tanaman bunga dna juga tanaman hias.


9. Mencari pekerjaan baru

Biasanya kebanyakan masalah depresi akibat ekonomi diakrenakan masalah keuangan atau juga kita yang sedang menganggur, sehingga tidak bisa memusatkan pikiran kea rah positif, untuk itu sebaiknya anda mencoba mencari pekerjaan baru, setidaknya bisa membantu menangani masalah keuangan anda dan juga depresi yang sedang and aalami. Dengan bekerja berarti kita memiliki kegiatan yang bisa membnatu kita mengalihkan pikiran kea rah yang jauh lebih positif.

10. Jangan lupa tertawa bahagia

Perlu and aketahui, rasa depresi yang dialami dikarenakan kita terllau serius menghadapi hidup, sebaiknya tennagkan pikiran anda, dan mencoba untuk bahagia, anda juga harus tahu, setiap masalah bisa saja terjaid pada setiap orang dna tidak hanya terjadi pada diri anda. bis asaja di luar sana ada yang jauh lebih parah lagi mengalami benan masalah yang lebih berta dibandingkan anda.

11. Berfikir positif

Bagi seseorang yang tengah dalam keadaan depresi memang akan snagat sulot emncoba berfikir positif, apalagi jika yang anda rasakan adalah sebauha beban yang sangat berat, namun anda juga harus bisa mencobanya, dengan selalu berfikir positif tentu akan meringankan rasa stress dan depresi yang ada di dalam diri anda.

12. Banyak berdoa dan berusaha

Doa memang merupakan obat mujarab untuk semua penyakit, salah satunya ketika sedang dalam masalah depresi akibat ekonomi, selain berusaha sebaik mungkin untuk memperbaiki masalah ekonomi anda juga perlu banyak berdoa, agar nantinya usaha yang dilakukan tidak akan sia-sia.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial