Sponsors Link

Proses Psikologi Dalam Berdakwah

Sponsors Link

Psikologi dakwah merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang dapat kita artikan sebagai sebuah ilmu atau pengetahuan yang di dalamnya dapat mempelajari segala hal yang berkaitan dengan ilmu kejiwaan manusia, namun dapat dikaitkan juga di dalam sebuah kegiatan atau proses dakwah.

ads

Secara umum kika kita ingin melakukan proses psikologi dakwah ada beberapa hal yang memang perlu dilakukan, salah satunya dibutuhkan berbagai pengetahuan mengenai segala sesuatu hal yang berkaitan dengan psikologi dakwah.

Kegiatan dakwah merupakan sebuah penyampaian berupa informasi yang diberikan oleh orang yang memiliki pengetahuan lebih mengenai hal atau penyampaian dari seseorang.

Sehingga dalam hal ini memang perlu dilakukan kajian khusus mengenai lancar atau tidaknya penyampaian informasi tersebut, dimana dalam hal penggunaan teori psikologi dalam dakwah ini bisa diketahui mellaui berbagai prinsip psikologi yang dilakukan, dimana dalam hal ini bisa dikaitkan dengan kegiatan adannya penyampaian informasi dakwah.

Kegiatan dakwah umumnya bisa dikatakan berhasil apabila penyamapaian informasi yang dilakukan memang dapat diserap dan juga diterima oleh masyarakat dengan baik, dimana sikap keyakinan tersebut dapat disampaikan melalui perintah Allah SWT.

Saat penyampaian dakwah akan dilakukan, memang sebaiknya harus disampaikan melalui hal-hal kebenaran dan juga sikap optimis yang memang harus ditujukan kepala lingkungan, dalam hal ini tentunya berkaitan dengan psikologi social di masyarakat.

Di dalam sebuah proses penyampaian dakwah tentunya hal tersebut akan berkaitan erat dengan yang namanya proses komunikasi, dimana di dalam proses tersebut dapat dijelaskan dengan sebuah tahapan dan juga berbagai hal yang harus dijelaskan, diantaranya

  • Penerimaan stimulus informasi
  • Penyimpanan sebuah informasi
  • Pengolahan dari sebuah informasi
  • Menghasilkan kembali di dalam suatu informasi.

Di dalam sebuah pesan dakwah tentunya harus dilakukan penyampaian dengan sebuah pelajaran dakwah dan ditafsirkan melalui sebuah ahli tafsir. Dalam hal ini juga bisa dibedakan diantaranya hal dan sesuatu yang batil.

Hikmah sebuah proses penyampaian psikologi dakwah juga dapat diartikan sebagai suatu pengolahan dan penggunaan dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan.

Dan untuk iu di dalam hal ini juga terdapat yang disebutkan faktor penting di dalam keberhasilan suatu dakwah yaitu

  1. Seseorang yang menyampaikan dakwah
  2. Teknik penyampaian dakwah
  3. Siapa orang yang menjadi penerima dakwah.

Adapun hal-hal yang harus kita perhatikan dalam melakukan dakwah

  • Perlu ditentukan apa saja topic yang akan digunakan di dalam dakwah
  • Tujuan akhir penyampaian dakwah tersebut
  • Melakukan identifikasi mengenai apa saja yang akan menerima pesan sebuah dakwah.
  • Perlu ditentukan waktu yang pas untuk melakukan dakwah
    Persiapan materi yang baik dan juga efektif.

Proses penerimaan dakwah

Yang namanya sbeuah informasi itu biasanya terletak dari penyampaian yang pas mengenai sasaran ataukah tidak, tapi dalam hal ini harus dilakukan penglahan penyimpanan dan juga harus menghasilkan informasi dalam sebuah kaitannya dengan psikologi, dimana proses ini berkaitan erta dengan sensasi, persepsi, memori dan juga cara berfikir.

  1. Sensasi

Di dalam sebuah penerimaan informasi terdapat sesuatu hal yang dinamakan dengan sensasi, dalam hal ini sense atau sensasi meruapakn pengindraam yang berhubungan dengan suatu organisme dan juga dengan psikologi lingkungan.

Dan untuk psikologi komunikasi dapat dijelaskan dengan sebuah proses yang di ikuti dengan sbeuah rangsangan.

Dimana sebuah alat indra ini dilihat dengan penerimaan informasi dari adanya lingkungan yang sangat penting, dan untuk hal untuk perlu dilakukan berbgai pengetahuan yang harus dilakukan dengan kemapuan interaksi dengan dunianya

2. Persepsi

Persepsi merupakan sebuah pengalaman yang diketahui mellaui sebuah objek, peristiwa dan juga hubungan-hubungan yang di dapatkan dengan menyimpulkan sebuah informasi yang akurat kemudaian dapat ditafsirkan melalui sebuah penyampaian pesan.

Selain itu perepsi juga bisa digunakan dengan sebuah proses yang dilakukan dalma pengubahan manusia yang dijadikan sebuah sensai menjaid hla yang dinamakan informasi. Dimana adapun beberapa hal yang bisa menarik perhatian.

1. Adanya suatu prinsip di dalam gerakan

Secara psikologis apabila diartikan terdapat ebnda yang bisa bergerak dengan pasti dna tentunya akan jauh lebih menarik perhatian, untuk itu adanya sebuah prinsip tersebut yang digunakan oleh seorang mubaligh memang terkadang dapat menggerakan tangan dan juga kepala saat kita tengah melakukan dakwah.

Karena dengan menggunakan gerakan tangan tentunya bisa diajdikan sebagai pemusatan perhatian.

2. Prinsip kebaruan

Dalam hal ini sesuatu yang di dalam amsyarakat dianggap baru, biasanya akan jah lebih mudah untuk menarik perhatian, karena diantara psikologi lingkungan di masyakarat memang akan sangat peka untuk melihat sesuatu yang baru atau yang bisa menarik perhatian.

Di dalamnya juga biasanya terdapat sebuah penilaian, luar biasa dan juga lain sebagainya.

Untuk itu dalam berdakwah juga seseorang yang menyampaikan dakwah perlu mengetengahkan sesuatu yang berbeda dan juga dianggap baru di lingkungan masyarakat, sehingga nantinya dapat menarik perhatian.

3. Prinsip perulangan

Apabila kita mengkaitkannya dengan psikologis, dapat dikatakan bahwa di dalam pengulangan ada hal yang memang bisa sangat menarik perhatian di masyarakat, misalnya dengan beberapa hal atau faktor yang dapat menarik perhatian.

Contohnya saja mengenai penayangan iklan suatu produk biasanya dilakukan secara berulang, dimana dalam hal ini bertujuan untuk menarik perhatian agar menarik konsumen untuk membelinya.

4. Prinsip kontras

Prinsip kontras memang akan jauh lebih menonjol dibandingankan dengan lainnya, dimana terdapat sorot lampu di tengah keheningan, dimana warna-warna yang kontras biasanya akan jauh lebih menarik perhatian, atau beberapa hal lainnya yang membutuhkan sesuatu di tengah kerumumnan yang bisa menarik perhatian.

Misalkan saja dengan sebuah pengeras suara, agar nantinya tidak mengalahkan suara mubaligh dan juga obrolan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar.

Agar kegiatan berdakwah ini memperoleh keberhasilan memang harus dilakukan berbagai cara atau perhatian yang lebih dalam, misalnya saja mengenai pengetahuan dakwah, dimana dalam hal ini penyampaian yang dilakukan memang harus dikaji terlebih dahulu dan juga mementingkan berbagai faktor di dalamnya.

Sehingga prinsip-prinsip yang dilakukan di dalam psikologi dakwah ini akan mencapai sebuah keberhasilan, dan aplikasi psikologi komunikasi dalam dakwah yang tidak kalah pentingnya juga dalam hal ini adalah mengenai komunikasi di dalam dakwah, peranan psikologi komunikais ini memang sangat dibutuhkan dalam kegiatan berdakwah, agar nantinya tujuan berdakwah bisa tercapai.

Sponsors Link
, , , ,